Inilah Isi Sambutan Bupati di Pelantikan Kepala Sekolah se karawang


PELITAKARAWANG.COM - Sambutan bupati karawang pada acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat kepala sekolah dasar negeri dan kepala sekolah menengah pertama negeri di lingkungan dinas pendidikan pemuda dan olahraga pemerintah kabupaten karawang tahun 2018 hari/tanggal : jum׳at, 03 agustus 2018 jam : 16.00 wib tempat : plaza pemkab karawang.

Bissmilaahirahmanirrahim
Assalamualaikum wr., wb,
Yth. Sdr. Wakil bupati karawang
• sdr forkominda kab. Karawang
• sdr. Sekretaris daerah kabupaten karawang
Beserta para staf ahli dan asisten, yang saya
Hormati

• para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah kabupaten karawang, yang saya Hormati
• para kepala sd dan kepala smpn yang baru Dilantik, yang saya banggakan
• para pengurus pgri
• para korwilcambidik di lingkungan dinas Pendidikan kab. Karawang
• para insan pers
• hadirin undangan, yang berbahagia Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji dan Syukur alhamdulillah ke hadirat allah swt, tuhan Yang maha esa, atas limpahan nikmat dan karunia-nya Kita masih diperkenankan bersilaturrahmi di plaza Pemda karawang ini untuk melaksanakan serta Menyaksikan pengambilan sumpah jabatan dan Pelantikan kepala sdn dan smpn sebanyak 1.115 orang di Lingkungan dinas pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten karawang, dalam keadaan selamat dan sehat Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Seperti yang sudah saudara ketahui bahwa pendidikan Menjadi salah satu program prioritas pemerintah Kabupaten karawang yang tertuang dalam rpjmd 2016- 2021. 

Salah satu indikator keberhasilan yang tertuang Dalam indikator kinerja utama adalah indeks Pendidikan. Indeks pendidikan ini menjadi salah satu Elemen dalam indeks pembangunan manusia (ipm). Indeks Pendidikan pada tahun 2018 ditargetkan 56,73%,. Pencapaian target tersebut menjadi tugas bersama Terutama seluruh jajaran dinas pendidikan pemuda danmolahraga termasuk kepala sekolah dengan Meningkatkan harapan lama sekolah (hls) dan rata- Rata lama sekolah (rls). Berdasarkan data bps tahun 2017 harapan lama sekolah (hls) baru mencapai 11,96 Tahun, sedangkan rata-rata lama sekolah (rls) baru Mencapai 7,34 tahun;

Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2017, beban kerja kepala satuan pendidikan sepenuhnya Untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan Kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga Kependidikan. Kepala sekolah tidak dibebani tugas Pembelajaran walaupun dalam keadaan tertentu dapat Melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi Kebutuhan guru pada sekolah. Hal tersebut dijadikan Motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja memimpin Dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan Mutu pendidikan. Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Pada sore ini dihadapan kita adalah para kepala Sekolah yang saya sangat cintai dan banggakan baik Kepala sekolah yang telah menyelesaikan masa Tugasnya maupun yang sedang dan akan diberi tugas Sebagai kepala sekolah. Bagi kepala sekolah yang telah Menyelesaikan masa tugasnya selama 2 periode, saya Ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas Semua capaian, dedikasi dan loyalitasnya selama Melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah. Sedangkan Kepala sekolah yang masih bertugas dan yang akan Diangkat menjadi kepala sekolah agar bekerja dengan Sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas/mutu Pendidikan. Kinerja saudara akan dievaluasi setiap Tahunnya meliputi komponen tugas manajerial, Pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan. Hasil penilaian kinerja Tersebut menjadi bahan pemberhentian penugasan Maupun perpanjangan masa tugas;

Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Pada tahun 2016 , sesuai amanat pasal 3 permendikbud Nomor 28 tahun 2010 yang berlaku saat itu, Menjelaskan bahwa kepala dinas propinsi/ kabupaten /kota dan kantor wilayah kementerian agama/kantor Kementerian agama kabupaten/kota sesuai dengan Kewenangannya menyiapkan calon kepala Sekolah/madrasah berdasarkan proyeksi kebutuhan 2 (dua) tahun yang akan datang. Berdasarkan ketentuan Tersebut, dinas pendidikan pemuda dan olah raga Kabupaten karawang melakukan rekruitmen dalam Rangka menyiapkan calon kepala sekolah berdasarkan Proyeksi kebutuhan yang akan datang. Calon kepala Sekolah hasil seleksi tersebut mulai saat secara Bertahap diangkat sebagai kepala sekolah. Dan dengan Diangkatnya calon kepala sekolah menjadi kepala Sekolah sore ini berarti seluruh waiting list calon Kepala sekolah seluruhnya diangkat menjadi kepala Sekolah, hanya tersisa 5 0rang calon kepala smpn Karena masih menunggu formasi kosong. Proses Pengangkatan kepala sekolah selanjutnya agar Direncanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Mekanisme yang berlaku dalam permendikbud nomor 6 Tahun 2018. Rekruitmen calon kepala sekolah harus Transparan dan tidak ada pungutan apapun yang Merugikan peserta seleksi dalam setiap tahapan Seleksi. Dan jabatan kepala sekolah yang masih kosong Agar ditunjuk pelaksana tugas sampai dengan adanya Calon kepala sekolah hasil seleksi sesuai ketentuan Yang berlaku saat ini;

Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Proses pengangkatan kepala sekolah kali ini diwarnai Dengan adanya polemik karena interpretasi Pemberlakukan permendikbud nomor 6 tahun 2018. Hal Tersebut menjadi pembelajaran kita bersama Bahwasanya asn sebagai perekat bangsa dan pelaksana Kebijakan harus berpedoman pada ketentuan yang Berlaku sesuai dengan hierarki peraturan-perundang-Undangan, sehingga dampak yang merugikan pegawai Dapat dihindari. Pengangkatan dan pemberhentian Kepala sekolah ini telah dikaji secara mendalam oleh Baperjakat dengan berpedoman pada permendikbud Nomor 28 tahun 2010, permendikbud nomor 6 tahun 2018 Dan pasal 68 ayat (1) huruf a dan ayat (2) undang- Undang nomor 30 tahun 2014.

Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengingatkan Kembali kepada saudara pesan ki hajar dewantara, Dengan semboyannya ; “ing ngarsa sung tulada, ing Madya mangun karsa, tut wuri handayani”. Ing ngarsa Sung tulada, yang mengandung arti kepala sekolah Sebagai seorang pemimpin, harus bisa memberi teladan Atau contoh tindakan yang baik bagi guru, siswa Maupun tenaga kependidikan. Ing madya mangun karsa, Artinya kepala sekolah harus bisa menciptakan Prakarsa dan ide untuk meningkatkan mutu pendidikan Di sekolahnya. Sedangkan tut wuri handayani adalah Kepala sekolah harus bisa memberikan dorongan dan Arahan kepada guru, siswa maupun tenaga Kependidikan untuk berprestasi lebih baik. Bapak-ibu dan hadirin yang berbahagia, Akhirnya saya ucapkan selamat kepada saudara- Saudara yang baru dilantik sebagai kepala sekolah.
Dan kepada kepala sekolah yang telah melaksanakan Masa tugasnya dan kembali menjadi guru saya ucapkan Selamat melanjutkan pengabdian sebagai pendidik Untuk membangun mutu pendidikan dan karakter siswa Karena dimanapun pns bekerja harus memberikan Manfaat bagi organisasi. Profesi guru adalah profesi Yang sangat mulia karena menyampaikan ilmu kepada Siswa, ilmu yang bermanfaat adalah amal yang tak Pernah putus oleh kematian. Terima kasih atas dedikasi Dan pengabdiannya semoga allah swt, tuhan yang maha Kuasa senantiasa melindungi kita dalam kesehatan, Keselamatan, dan kebahagiaan untuk melanjutkan Pembangunan kabupaten karawang yang sama-sama kita Cintai.

Selamat menjalankan amanah, semoga sukses!!
Sekian terima kasih. Wabilahi taufiq walhidayah Wassalamu’alaikum wr. Wb.
Karawang, 3 agustus 2018
Bupati karawang,
Dr. Cellica nurrachadiana


Posting Komentar