Ka bah Sudah Dipagari Satu Meter

PELITAKARAWANG.COM.– Suasana Masjidil Haram tampak lebih lengang pada Senin dini hari 20 Agustus 2018. Jemaah yang bertawaf di sekitar Ka'bah tidak sepadat hari-hari biasanya di musim haji. Ya, saat ini jutaan jemaah haji sudah berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf. Di Arab Saudi, tanggal 9 Dzulhijah 1439 jatuh Senin ini.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, ada pemandangan tidak biasa di sekitar Ka'bah pada 9 Dzulhijah. Sejak dini hari tadi, dari siaran langsung Mecca TV Live Channel sekeliling Baitullah tampak dipagari.

Ketinggian pagar sekitar satu meter. Pagar bongkar pasang ini sengaja dibangun di sekeliling Ka'bah, karena hari ini Kiswah atau kain hitam penutup Ka'bah akan diganti. Pergantian selalu dilakukan pada tanggal 9 Dzulijah, bertepatan dengan puncak ibadah haji.

Pagar sengaja didirikan agar jemaah yang sedang bertawaf tidak terganggu para petugas yang akan mengganti Kiswah dan proses tawaf bisa dilaksanakan dengan lancar. Biasanya pergantian Kiswah akan dimulai dari sisi Hijir Ismail, antara Rukun (sudut) Iraki dan Rukun Syami.

Sekadar diketahui pada kain kiswah berwarna hitam terdapat motif-motif kembang dan sulaman kaligrafi kalimat syahadat: Allah Jalla Jalalah, La ilaha illallah, Muhammad Rasulullah (Allah Maha Agung, tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad pesuruh Allah).

Kiswah terdiri atas 47 potong kain, lebar seluruh kiswah 658 meter persegi. Masing-masing panjangnya 14 meter dan lebarnya 95 cm. Kiswah dibuat dari bahan sutera asli berwarna hitam. Di bagian atas terdapat sabuk yang ditulisi ayat-ayat al quran dan setiap kaligrafi dua bingkai ornamen Islam. Baik tulisan ayat maupun ornamen dibentuk dengan sulaman timbul menggunakan benang emas dan perak.

Selain itu ada enam ayat dibordir di bawah sabuk Ka'bah. Di pintu Ka'bah juga diberi kiswah yang tingginya 7,5 meter dan lebarnya 4 meter. Seluruh kiswah di bagian ini juga dihias dengan ayat-ayat al quran dan ornamen Islam.

Ongkos pembuatan kiswah yang dibuat khusus di satu pabrik di Mekah sekitar 17 juta Saudi Riyal. Uang ini dipakai untuk membeli 670 kg bahan sutera dan 120 kg emas dan perak yang dipakai untuk menghiasi kiswah.

Pabrik pembuat kiswah mempekerjakan 240 orang yang terdiri dari pekerja kasar, staf, seniman dan tenaga administrasi. Mereka dibagi dalam enam bagian, pembuatan sabuk, tenunan tangan, pencelupan, tenunan mekanik, pencetakan, dan tutup dalam Ka'bah.

Sumber: VIVA.
Posting Komentar