Karawang Dijatah Rp4,5 Milyar untuk Bangun Tiga Kantor KUA

PELITAKARAWANG.COM - Dibanding Kabupaten/Kota lainnya yang hanya mendapat 1-2 unit, Kabupaten Karawang dijatah 3 unit untuk pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) dengan total anggaran Rp 4,5 Milyar dari APBN tahun 2018. 

Memulai pekerjaan, Kementrian Agama (Kemenag) Karawang menggelar kegiatan peletakan batu pertama tiga kantor KUA baru yang dimulai pembangunannya di Kecamatan Cilamaya Wetan, Lemahabang dan Tirtamulya.

Dikatakan Kepala Kemanag Karawang, H Sophian, ada tiga lokasi yang diplot untuk dibangunkan kantor Balai nikah dan pelayanan manasik haji yang menggunakan APBN tahun 2018, yaitu Kecamatan Cilamaya Wetan, Tirtamulya dan Lemahabang. Dari total anggaran yang diberikan Rp 4,5 Milyar, sebesar Rp 300 juta diantaranya akan dialokasikan untuk pengadaan mebeler kantor yang akan dikerjakan selama 150 hari kerja tersebut. Karena nilainya diatas Rp 1 Milyar sebut Sopian, maka sebelumnya digelar lelang tender untuk mengerjakan bangunan tersebut, Wal hasil nama-nama CV yang menggarapnya sudah keluar setelah mempertimbangkan efisensinya yang diharapkan optimal, bahkan sudah mulai start pembangunannya, kebetulan yang di Kecamatan Lemahabang ini adalah dari CV Gada Bima Gadawastra dengan nominal per unit sekitar Rp 867 Juta." Proyek ini menjadi pilot projects, karena gak semua Kabupaten /kota dapat, bahkan kita dapatnya 3 unit tahun ini," Katanya.

Prototype bangunan, sebut Sophian, akan sama rata dengan yang lainnya. Untuk itu, ia meminta Camat, aparat desa, KUA dan masyarakat setempat ikut mengawasi pembangunan ini, bahkan memastikan kualitas yang baik pihaknya juga sudah bekerjasama dengan Kejaksaan untuk pengawasannya yang bertujuan agar kualitasnya baik dan sesuai. Sehingga, kantor KUA Lemahabang yang dahulunya belum optimal pelayanannya karena harus nebeng dikantor lama diatas tanah milik Pemkab,  saat ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanannya lebih baik lagi, bahkan pelayanan satu atap untuk manasik haji, bisa langsung digunakan dikantor ini. " Kita berpesan kepada pihak rekanan, agar memperhatikan kualitas pembangunan, jangan sampai ada hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana semula, sebab selain aparat, konsultan dan masyarakat, kita juga kerjasama pengawasannya bersama Kejaksaan," Katanya.

Camat Lemahabang, H Hamdani S.Ip mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya kemenag Karawang yang sudah memplot pembangunan gedung baru KUA buat Kecamatan Lemahabamng dari anggaran APBN. Sebab, setelah kantor Kecamatan Lemahabang pindah, bangunan lama harus ditempati sementara oleh KUA karena memang tidak terpakai. Tapi dengan pengadaan bangunan baru ini, setidaknya bisa membuat pelayanan masyarakat lebih representatif dan nyaman. Karena, selain untuk balai nikah, kantor KUA ini juga menjadi pelayanan satu pintu manasik haji. Untuk itu, disela start pembangunannya ini, ia berharap semuanya bisa berjalan lancar sampai tuntas dan kualitas kantor juga bagus dan nyaman. " Kita apresiasi upaya kemenag Karawang ini, sehingga KUA yang biasanya berkantor diatas lahan Pemda, sekarang bisa mandiri memiliki kantor permanen," Katanya.
Posting Komentar