Para Camat Membacakan Sambutan Bupati Karawang di HUT RI Ke 73,Berikut Isi Pidatonya

Sambutan Bupati Karawang yang dibacakan para kepala perangkat daerah se-Kabupaten Karawang pada peringatan hari ulang tahun Proklamasi Lemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 2018


hari/tanggal : jum’at, 17 agustus 2018.


J a m : 07.30 wib


Te m p a t Kecamatan masing-masing.


Bismillahirohmannirrohim. Assalamu’ alaikum. Wr. Wb.


Yth. Para kepala UPTD beserta unsur Muspika Sekabupaten Karawang.


Para tokoh agama, tokoh masyarakat beserta pimpinan organisasi kemasyarakatan, organisasi wanita, organisasi pemuda, mahasiswa, pelajar dan anggota pramuka, yang saya banggakan.


para peserta upacara dan hadirin undangan yang berbahagia

 Pertama- tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke-hadiran Allah SWT, karena berkat limpah rahmat dan curahan karunia-nya, pada hari ini kita kembali dapat memperingati hari ulang tahunProklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tingkat Kabupaten Karawang tahun 2018, Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal’afiat.

  Peserta upacara, yang saya hormati.


Sebagai negara negara Indonesia kita wajib bersyukur, karena kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati hasil jerih payah oara pejuang kemerdekaan yang diwariskan kepada kita semua, berupa negara kesatuan Republik Indonesia yang telah diakui oleh negara-negara didunia. Sudah barang tentu kita wajib menjaga serta mengisinya sesuai amanat proklamasi sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila.

 

 Sejak awal kemerdekaan sampai dengan saat ini berbagai upaya telah dilakukan, dengan memanfaatkan segala potensi bangsa yang ada dilaksanakan pembangunan diberbagai bidang, untuk kepentingan pemerintahan juga untuk kemasyarakatan.

 Kemerdekaan merupakan salah satu nikmat dan anugrah dari allah swt yang wajib kita syukuri, karena dengan kemerdekaan suatu bangsa bebas menentukan yang terbaik bagi bangsanya sendiri. Demikian halnya dengan bangsa indonesia yang pada 73 tahun yang lalu, telah menyatakan kemerdekaan melalui perjuangan panjang dengan penuh pengorbanan baik harta, benda maupun jiwa. Mensyukuri nikmat kemerdekaan berarti mengisinya dengan barbagai amal ibadah yang bermanfaat untuk kepentingan dan kemajuan bangsa.

 Usia 73 tahun, merupakan usia yang dapat dikatakan dewasa bagi ukuran manusia, namun demikian kedewasaan suatu bangsa tidak dapat diukur melalui usia tersebut, akan tetapi terletak pada sampai sejauhmana usaha dan upaya bangsa tersebut dalam mengisi alam kemerdekaannya melalui berbagai rangkaian proses 4 pembangunan yang dapat meningkatkan kesejahteraannya.


Oleh karena itu, momentum hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan ini, perjalanan sejarah bangsa kembali dikenang, dengan harapan akan menggugah nurani anak-anak bangsa, manakala kita merenung dan menyadari, bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, adalah buah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan cucuran keringat, air mata bahkan darah, jiwa dan raga untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan indonesia.


Peserta upacara, yang saya hormati.

Kita perlu mengenang dan mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa kita, khususnya para pejuang bangsa dan para pahlawan didalam mencapai cita-cita perjuangan kemerdekaan negara republik indonesia, untuk mendorong dan memotivasi kita semua secara bersama-sama dalam mengisi dan melaksanakan pembangunan sebagai wujud nyata meneruskan cita-cita kemerdekaan para pejuang dan pahlawan bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan negara republik indonesia pada 73 tahun yang silam sesuai dengan tugas dan pengabdian kita masing-masing, baik dijajaran pemerintahan maupun masyarakat sesuai kapasitas, kewenangan dan kemampuan yang kita miliki.


Tema peringatan hut ke-73 kali ini yakni "Kerja Kita Prestasi Bangsa". Kita semua sebagai warga negara yang baik dituntut untuk terus aktif bekerja keras dalam membangun bangsa dan negara ini. Tentunya untuk terus berjuang keras, belajar mengukir sebuah prestasi sehingga dapat berguna bagi nusa dan bangsa.


Keinginan untuk mewujudkan suatu harapan hanya bisa dicapai dengan mengaktualisasikan tindakan yaitu kerja. Kerja yang dimaksud bukanlah semata-mata kerja biasa. Kerja haruslah dilakukan dengan kesadaran akan kekuatan dari persatuan indonesia. Hanya melalui kerja, sebuah bangsa akan meraih kemakmuran dan kejayaannya bahkan prestasi. Hanya melalui kerja, bangsa indonesia akan bisa membangun jiwa dan sekaligus membangun raganya untuk kejayaan indonesia raya. Dan hanya melalui kerja, negara akan berdiri kokoh untuk selama- lamanya dan mampu mewujudkan semua cita-cita mulia yang tersurat dalam pembukaan uud 1945.


Disamping keberhasilan yang sudah kita peroleh masih banyak tantangan yang kita hadapi untuk meraih masa depan yang lebih baik lagi, namun dalam situasi dan kondisi apapun dengan semangat proklamasi 17 agustus 1945 yang diwariskan oleh pejuang dan pendiri bangsa ini, apabila kita bergandengan tangan secara bersama-sama dan bekerja keras kita akan dapat mensukseskan pembangunan bangsa, karena itu modal kebersamaan dan kerja keraslah kita akan dapat meraih cita-cita kita mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam bingkai negara yang adil dan makmur serta ada dalam ridho dan ampunan allah swt.


Para peserta upacara dan hadirin, yang berbahagia.


Mudah-mudahan momentum peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan republik indonesia ke 73 tahun 2018 dapat menyadarkan kita semua untuk bersatu dalam satu tekad menjadikan indonesia sebagai negara yang dicintai rakyatnya dan disegani oleh bangsa-bangsa 7 lain di dunia serta memberikan keamanan dan kenyamanan serta kesejahteraan bagi seluruh warga masyarakat di strata sosial manapun kita berada.


Terakhir, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat kabupaten karawang yang telah melaksanakan peringatan hut proklamasi kemerdekaan ri ke-73 tahun 2018 ini dengan penuh kesadaran dan kebersamaan, mudah-mudahan kegiatan ini semakin meneguhkan kecintaan kita kepada nkri dan semakin memotivasi kita semua untuk terus membangun disegala bidang agar masyarakat merasakan manfaat dengan hadirnya kita dalam setiap langkah dan kegiatan pembangunan serta membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa.


Para peserta upacara dan hadirin, yang berbahagia.


Demikian, sambutan pesan dan harapan yang saya sampaikan, semoga allah swt senantiasa melimpahkan taufiq dan hidayah-nya kepada kita semua. .…. Aamiin.


Sekian terima kasih.


Dirgahayu republik indonesia.


Merdeka......!!!


Wassalamu’ alaikum. Wr. Wb.


Karawang, 17 agustus 2018.


Bupati karawang

 

TTD


dr. Cellica Nurrachadiana

Diberdayakan oleh Blogger.