Pekan Depan Jamaah Bertolak ke Madinah

PELITAKARAWANG.COM - Jamaah haji Indonesia yang tiba pada gelombang kedua akan mulai meninggalkan Makkah menuju Madinah pada Jumat (31/8) nanti. Selepas menuntaskan ibadah haji di Makkah, jamaah tersebut akan diberi kesempatan memenuhi Arbain di Masjid Nabawi, Madinah.

Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Chalid mengatakan, pendorongan jamaah akan terbagi menjadi tiga gelombang haronitu.Dimulai pukul 06.00 waktu setempat, pendorongan diawali Kloter 38 Embarkasi Surabaya.

Subhan Chalid memerinci, pada tahap awal ada 7.331 jamaah dari 18 kloter yang akan diangkut menggunakan bus ke Madinah. "Kami sudah minta agar bus-bus sudah merapat di hotel jamaah dua jam sebelum keberangkatan,” ujar Subhan di Makkah, Sabtu (25/8).

Keberangkatan itu akan diawali petugas maktab untuk memasuki barang barang jamaah terlebih dahulu ke dalam bagasi bus. Menurut Subhan, jamaah kemudian akan mengikuti pergerakan dari masing-masing ketua kloter dan rombongan. Sedangkan untuk pendorongan jamaah berikutnya akan menyesuaikan dengan jadwal selanjutnya.

Sebelum bergerak ke Madinah, Subhan meminta masing-masing ketua kloter dan rombongan memastikan tidak ada jamaah dan barang-barangnya tercecer di hotel. Mereka harus memastikan jamaah membawa kelengkapan dokumen seperti paspor, buku kesehatan, dan lainnya.

Total kira-kira 202 ribu jamaah haji reguler tiba di Tanah Suci. Dari jumlah itu, sebanyak 87.863 orang tiba dalam gelombang pertama Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah. Sejumlah itu pula yang akan berangkat pulang ke Tanah Air lebih dulu melalui Bandar King Abdulaziz, Jeddah.

Jumlah jamaah yang tiba akan berkurang pada saat kepulangan nanti. Sebab, hingga Sabtu (25/8), tercatat sedikitnya 130 jamaah wafat dan beberapa masih harus dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Jumlah kematian tersebut berkurang drastis dari tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 600 jamaah.

Jamaah-jamaah yang dipulangkan lebih awal dari Jeddah tersebut sebelumnya telah menghabiskan awal musim haji di Madinah selama sepekan lebih. Pada kedatangan, mereka tiba pada gelombang pertama melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah sejak pertengahan hingga akhir Juli lalu.

Sementara jamaah yang tiba di Jeddah melalui gelombang kedatangan kedua melaksanakan lebih dulu ibadah di Makkah untuk kemudian berziarah ke Madinah.#ROL.
Posting Komentar