PELITAKARAWANG.COM  - Sscn.bkn.go.id - Akhirnya Kepastian Aplikasi Penerimaan CPNS 2018 Keluar Besok, Tunggu Menpan.go.id.

Kalian pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, harap bersiap.

Meski belum ada pengumuman resmi dari pihak pemerintah terkait jadwal pembukaan pendaftaran, namun proses menuju pendaftaran sudah menemui titik terang.

Salah satunya terkait sistem dan teknologi yang akan digunakan.

Untuk diketahui, sistem seleksi CPNS yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) kini dipersiapkan berstandar internasional guna mempermudah pelamar mulai dari langkah pendaftaran.

Disampaikan Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, pihaknya beserta tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) hingga saat ini tengah mengusahakan membenahi teknologi agar proses penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini berjalan maksimal.

Secara detail, kata Ridwan, panitia fokus mengerjakan hubungannya dengan administrasi maupaun teknis pendaftaran.

Misal terkait teknologi tersebut tengah dalam proses audit kelaikan agar saat pendafatraan dibuka, teknologi tidak error dan tetap prima.

Beberapa detail diantaranya, live portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) milik BKN hingga rekayasa praktik tes berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) turut dilakukan pada saat itu. Intinya semuanya harus berstandar internasional.

Ridwan menambahkan, panitia akan mendapatkan kepastian tim audit sekitar 2 hari (sejak 13 Agustus 2018) kedepan atau besok (15 Agustus 2018).

Pendaftaran CPNS Agustus Ini: 4 Info Ini Seperti Asli Tapi Hoax, Lihat Menpan.go.id & Sscn.bkn.go.id Hingga saat ini pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) masih belum dibuka.

Memang sempat dikabarkan akan dibuka pada akhir Juli 2018, namun memasuki Agustus pun masih belum ada kabar terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2018.

Pendaftaran CPNS 2018 kali ini pun tak luput dari berbagai macam informasi hoax yang sudah beredar luas.

Sehingga Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) selalu mengingatkan pada masyarakat agar tidak mudah percaya dan selalu mengecek kebenaran informasi yang beredar.

Dilansir dari Kompas.com, berikut 4 informasi hoax terkait CPNS 2018 yang sempat beredar dan meresahkan masyarakat.

1. Hoax formasi pengangkatan CPNS 2016-2019
Beberapa waktu lalu, sempat beredar informasi mengenai formas tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS 2016-2019.

Menindaklanjuti informasi hoax ini, akun Instagram resmi Kementerian Hukum dan HAM RI menyebutkan bahwa info tersebut sepenuhnya tidak benar alias hoax.

Informasi ini sekaligus dikonfirmasi ketidakbenarannya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang menyatakan kalau belum ada informasi resmi pembukaan dan pendaftaran CPNS 2018.

2. Hoax Seminar Pengadaan CPNS 2018
Poster Seminar Nasional Pengadaan CPNS 2018 yang mengatasnamakan Kemenpan RB pernah beredar di masyarakat pada akhir Juni 2018 lalu.

Informasi itu lantas diklarifikasi ketidakbenarannya oleh akun Twitter resmi @kempanrb.

"Halo Sahabat Muda !
Hati-hati yah terhadap hoax Pengadaan CPNS Tahun 2018
Untuk sahabat muda ketahui, Kementerian PANRB tidak pernah bekerja sama dengan pihak manapun utk menyelenggarakan seminar nasional mengenai pengadaan CPNS tahun 2018 sebagaimana klaim dalam acara di atas," tulisnya. 

3. Hoax Informasi dan Susunan CPNS 2018
Informasi yang tersebar ini berisi tentang petunjuk teknis persyaratan pemberkasan usulan CPNS di daerah dari tenaga honorer se-kabupaten di Indonesia pada 2018 hingga 2019.

Pada buku tersebut terdapat logo Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di bagian kanan cover.

Infromasi ini langsung ditepis oleh Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan.

"Iya juknis (petunjuk teknis) pemberkasan itu hoax," tegas Ridwan.

4. Hoax Surat Kemenpan RB tentang Pembekalan CPNS

Sempat beredar surat bertanda tangan Sekretaris Kemenpan RB mengenai daftar peserta pembekalan CPNS.


Surat edaran ini dipastikan hoax dan tidak benar. Kemenpan RB menyatakan tidak pernah mengeluarkan surat tersebut. "Kami dapat informasi ini dari masyarakat, ini hoax," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kemenpan RB Mudzakir.


Surat tersebut ditujukan kepada kepala daerah tingkat provinsi, kepala daerah tingkat kabupaten atau kota, pejabat pembina kepegawaian pusat, dan pejabat pembina kepegawaian daerah.

Para pejabat terkait diminta untuk mengumumkan nama calon PNS dan memberikan pembekalan. Surat palsu Sekretaris KemenPAN RB kepada para Kepala Daerah Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota serta Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah.

Surat tersebut menyebut adanya nama-nama calon PNS dan formasinya, serta meminta para pejabat daerah untuk mengumumkan dan memberi pembekalan.

Sekali lagi ditegaskan, pendaftaran CPNS 2018 belum dibuka.

Segala informasi resmi terkait CPNS 2018 resmi hanya dapat dilihat melalui website menpan.go.id dan juga bkn.go.id.

Pastikan untuk menghindari segala bentuk hoax dan informasi yang menyangkutpautkan lowongan CPNS 2018.





sumber : kompas.com/tribun-timur.com