Tim Damkar Keluhkan Kekurangan Armada - PELITA KARAWANG
Tim Damkar Keluhkan Kekurangan Armada

Tim Damkar Keluhkan Kekurangan Armada

Share This
PELITAKARAWANG.COM - Dibanding jumlah PNS yang hanya menyisakan 5 orang, Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkungan UPTD Pemadam Kebakaran jumlahnya jauh panggang dari pada api, yakni mencapai 176 orang.  Namun, ketiadaan pos dampkar disetiap Kecamatan dan minimnya armada kendaraan, membuat kewalahan tim yang terlatih memadamkan kebakaran di Karawang ini.

Ditemui di Cilamaya Wetan, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Karawang, Oman Nurohman mengatakan, THL yang bekerja dilingkungan pemadam sebanyak 176 orang dengan honorarium cukup dibanding THL lain pada umumnya, yaitu diatas Rp 3 jutaan. 

Namun, banyaknya jumlah THL itu, masih belum sebanding dengan pengadaan pos damkar ditengah perkembangan pembangunan yang semakin pesat, sebab pihaknya mengajukan pengadaan pos disetiap kecamatan, namun acapkali tidak terkabul. 

Padahal pos disetiap kecamatan yang akan di isi 3 danru dan 7 THL itu penting untuk distribusi tim agar semakin dekat akses saat terjadi musibah kebakaran." THL sudah banyak, tapi kita belum memiliki pos yang idealnya ada disetiap kecamatan 24 jam,"  Katanya.

Lebih lanjut Oman menambahkan, bukan saja pos, armada juga diakuinya masih sedikit,karena selama ini, jumlah mobil Damkar berikut Resciu hanya 11 unit untuk mengejar 30 Kecamatan, dan teranyar tahun ini hanya ada penambahan 1 unit saja. 

Padahal ia menginginkan, selain pos ada disetiap Kecamatan, juga ada penambahan signifikan untuk pengadaan armada yang diharapkan bisa lengkap, sekurang-kurangnya bisa tembus 15 unit dulu atau setengahnya. 

Namun sayang, sebut Oman, sampai saat ini jumlah armada masih ada 11 unit, itupun setengahnya sudah nyaris rusak karena sudah lama. " Kita punya 30 Kecamatan, tapi baru punya 11 Armada termasuk Resciu. Jadi akses yang jauh dan jalanan macet juga jelek, selalu menjadi kendala keterlambatan kita," Katanya.
Posting Komentar
bkd