2019 ,4.000 Sekolah Bakal Terkoneksi Internet

ilustrasi foto Pramuka
PELITAKARAWANG.COM-.Pemerintah menargetkan 4.000 sekolah tersambung jaringan internet untuk kegiatan belajar mengajar di 2019. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan sejak 2015 – 2018, jumlah sekolah yang telah menerima bantuan akses internet melalui program Universal Service Obligation (USO) mencapai 1.472 sekolah. 

"Tapi ini masih jauh dari cukup. Saya minta Pak Sesjen (sekretaris jenderal) bersama rektor, tahun depan bantuannya dilipatgandakan”, kata Muhadjir pada pembukaan Bimbingan Teknis dan Penyerahan Bantuan TIK Bagi Sekolah Daerah 3T, di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat, 21 September 2018. 

Muhadjir berharap, sekolah-sekolah yang menerima bantuan perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tersebut dapat memanfaatkan kehadiran internet tersebut dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk mengembangkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan. 

“Guru tidak boleh berhenti untuk belajar, harus terus menerus belajar. Kalau tidak bisa nanti disalip oleh anak didik kita, yang keingintahuan peserta didik semakin tinggi sekali", ujar mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini. 

Sekolah penerima bantuan tersebut, sebelumnya telah menerima bantuan internet melalui program USO.  Program ini merupakan kerja sama antara Kemendikbud dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kemendikbud bertekad akan membangun pendidikan di sekolah daerah 3T melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis daring.  "Termasuk pemberian perangkat TIK, dan memberikan pelatihan bagi guru yang mengajar di daerah tersebut,” tutup Mendikbud.
Posting Komentar