40 Kelompok Usaha Siswa Salemba di Pamerkan

PELITAKATAWANG.COM-. Pelajar SMAN 1 Lemahabang yang doyan berwirausaha, nampaknya semakin sumringah. Pasalnya, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk sekolah ini sebagai ploating wirausaha siswa satu-satunya di Karawang. Sebanyak 40 Kelompok Usaha Siswa (KUS) dibentuk dan biayai masing-masing Rp 1 juta untuk penumbuh kembangkan semangat enterpreneur dikalangan pelajar.

Ketua Panitia Bazar Kewirausahaan SMAN 1 Lemahabang, Sandi S.Pd mengatakan, Dirjen PSMA mempercayakan program wirausaha siswa ini kepada SMAN 1 Lemahabang. Wal hasil, dana puluhan juta mengguyur untuk pengembangan hasil wirausaha siswa, baik olahan makanan, kerajinan, karya seni, ternak ikan hingga tanaman hidroponik. Semuanya, dibiayai Rp 1 juta perkekompok yang beranggotakan 9 orang, dimana yang dibentuk di SMAN 1 Lemahabang ini ada 40 Kelompok Usaha Siswa (KUS) dan melibatkan 360 siswa kelas XI. " Perkelompoknya 9 orang, masing-masing dibiayai Rp1 juta untuk pengembangan usaha dari Dirjen, Alhamdulillah disini ada 40 KUS jadi biayanya Rp 40 juta," Katanya.

Lebih jauh Sandi yang juga guru pendidikan Agama ini menambahkan, hasil kreatifitas , seni dan olahan makanan yang disuguhkan sebutnya, dijual langsung para siswa, baik di internal Sekolah, maupun diluar, Wal hasil dari modal sejuta tersebut, ada kelompok yang omsetnya sudah Rp900 ribuan perbulannya, sehingga modal awal bisa kembali dan bergulir setiap bulan, bahkan berlanjut terus ke adik kelasnya secara bergiliran nantinya. 

Untuk saat ini, sambungnya, memang baru SMA Lemahabang yang dapat, tapi tahun depan, SMA/SMK imbas juga akan mendapatkannya secara bertahap, sebab Kabupaten/kota lain sudah ada yang berjalan sampai satu Kabupaten dijatah 2 -3 SMA, tapi untuk di Karawang, hanya baru satu SMA saja yaitu di Salemba ini. " Hasil penjualannya ini dipasarkan siswa di dalam maupun luar sekolah, bahkan asetnya sampai ada yang sudah Rp 900 ribuan seminggu," Katanya.

Kasubag TU SMAN 1 Lemahabang, Jaja Jalaludin M.Pd mengatakan, kegiatan bazar dan kewirausahaan ini merupakan program Dirjen. Dipilihnya Lemahabang, karena SMA ini sempat dapat berbagai juara terbaik baik di Karawang maupun sekolah Wilayah KCD. Anggaran yang diberikan sendiri, dialokasikan berdasarkan RAB, baik untuk sosialisasi, pembinaan kewirausahaan mulai perencanaan dan pemasaran,  maupun bazar dan pamerannya. Bahkan, menurut informasi, kegiatan bergulir ini akan terus berlanjut selama tiga tahun kedepan, disamping dana permodalan juga akan terus jalan sirkulasinya dikelola para siswa dan pembinaan kelompoknya. " Ini program Dirjen, kita dipilih karena memang pelopor wirausaha siswa dan sempat jadi juara baik menyangkut manajerial maupun prestasi lainnya," Katanya. 
Posting Komentar