• Breaking News

    Berikut 21 Nama Korban Meninggal Akibat Bus Masuk Jurang di Sukabumi

    PELITAKARAWANG.COM-.Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan belasungkawa atas terjadinya dua kecelakaan bus di jalur Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat dan Sabtu 8-9 September 2018. Dua kecelakaan tersebut menelan korban jiwa sebanyak 21 orang dan kini dalam penanganan pihak kepolisian setempat.

    'Turut berduka cita atas kecelakaan yang merenggut nyawa di Jalan Kabupaten Sukabumi, berita ini sangat menyedihkan, biasanya berita itu tidak terdengar di daerah itu,' ujar Ridwan Kamil saat ditemui di kawasan Jalan Banda, Kota Bandung, Sabtu, 9 September 2018 sore.

    Pria yang akrab disapa Emil ini pun akan memerintahkan aparat setempat untuk cepat mengevakuasi para korban. Emil pun akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan penanganan para korban secara baik.

    'Saya mengimbau dan mungkin saya akan memerintahkan kepada pihak aparat setempat agar memastikan evakuasi dan penyelamatan korban yang ada di sana berjalan dengan baik,' urainya.

    Selain itu, Emil pun akan menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat untuk memberikan peringatan kepada perusahaan operasional bus terkait kelaikan untuk beroperasional. 

    'Saya akan memerintahkan Dishub supaya menyurati perusahaan-perusahaan bus agar memeriksa kesehatan sopir dan juga kelengkapan busnya. Karena saya dengar ada indikasi rem blong yang mebyebabkan kecelakaan,' pungkasnya.

    Sebelumnya,terjadi dua kecelakaan bus di jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kejadian pertama menimpa bus rombongan Lemhanas RI masuk ke jurang sedalam 30 meter dan mengakibatkan korban meninggal dunia satu orang pada Jumat 8 September 2019 sekitar pukul 23.30 WIB.

    Sementara kejadian kedua terjadi pada Sabtu 9 September sekitar pukul 11.00 WIB menimpa bus rombongan dari Jakarta yang menewaskan 17 orang karena masuk ke dalam jurang.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Polres Sukabumi, seluruh korban telah berhasil dievakuasi dari tempat kejadian perkara dan dibawa ke RSUD Sukabumi.

    Didapatkan informasi pula sebanyak 21 penumpang bus karyawisata meninggal dalam kecelakaan maut yang terjadi di Kampung Bantarselang RT 02/11, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Penumpang bus tersebut merupakan karyawan dealer PT Catur Putra Raya Bogor yang hendak berwisata ke Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

    Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat merinci, dari 35 penumpang bus, sebanyak 21 orang meninggal, 14 luka berat, dan 2 orang luka ringan. Mereka menjadi korban lantaran bus yang ditumpangi terperosok ke jurang sedalam 31 meter di jalan alternatif Cibadak - Pelabuhanratu.

    Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menduga kecelakaan terjadi lantaran sang sopir belum memahami kondisi jalan. Selain berkelok, sisi jalan alternatif Cibadak - Pelabuhanratu juga terdapat jurang yang cukup dalam.

    'Diduga tidak bisa mengendalikan laju kendaraanya dikarenakan kurangnya menguasai situasi medan jalan sehingga (out of control) ke kanan jalan dan terperosok ke dasar jurang dengan ketinggian 31 meter,' jelas Trunoyudo melalui pesan singkat, Sabtu, 9 September 2018 petang.

    Berikut daftar nama korban meninggal dunia:
    1. Masikun Rochman
    2. Muhamad Darwis
    3. Syahrudin
    4. Taghrit Daulat
    5. Budi Supriadi
    6. Fajar
    7. Ai Jubaedah
    8. Prayitno
    9. Galih Nurhadi
    10. Agus Syamsudin
    11. Santika Rapika
    12. Dony Andy Pradana
    13. Nurul Sobah
    14. Dadan
    15. Remon
    16. Kustiawati
    17. Romli
    18. Dadan
    19. Sri
    20. M Asari Sibolga
    21. Arman Hermawan
    Posting Komentar


    Post Bottom Ad