BNPB Sebut Bencana Kerap Terjadi Pada Akhir Pekan

PELITAKARAWANG.COM-, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut sejumlah bencana besar di Indonesia terjadi menjelang akhir pekan. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan pengalaman penanganan bencana.

"Jadi, biasanya bencana-bencana besar yang memakan korban kejadiannya adalah Jumat sore sampai malam, Sabtu atau Minggu," kata Sutopo di Graha BNPB,  Jakarta, Sabtu, 29 September 2018.

Bencana besar yang menelan banyak korban jiwa kerap terjadi menjelang akhir bulan. Ia pun mencontohkan beberapa peristiwa yang cocok dengan teori itu.

Pertama, gempa dan tsunami yang menerjang Aceh pada Minggu, 26 Desember 2004. Peristiwa itu menelan 230 ribu hingga 280 ribu korban.

Peristiwa kedua adalah gempa yang menggucang Yogyakarta pada Sabtu, 27 Mei 2006. Peristiwa itu menyebabkan 6.234 korban jiwa.

Selanjutnya, runtuhnya jembatan Kutai Kertanegara pada Sabtu, 26 November 2011. Jembatan gantung yang menghubungkan Kota Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju Kota Samarinda.

"Tanggal 25 ke atas, harinya Jumat sore, Sabtu atau Minggu kejadian bencana itu paling sering. Saya belum menghitung berapa sering, tapi kalau kami kumpulkan data paling banyak seperti itu," jelas Sutopo.

Teranyar, gempa 7.4 SR mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala yang mengakibatkan gelombang tsunami pada Jumat, 28 September 2018. Data sementara, akibat peristiwa tersebut, 348 meninggal dunia, 540 orang luka-luka, dan ribuan rumah dan bangunan rusak.

Kendati begitu, Sutopo mengaku tak ada kaitan apapun antara tanggal tersebut dengan bencana yang terjadi. Menurutnya, hal tersebut belum dianalisa lebih lanjut oleh BPPN.

"Paling banyak adalah kejadian-kejadian akhir pekan dan tanggalnya di atas 25, kenapa? Ya kami belum bisa menganalisa," kata Sutopo.

Posting Komentar