Bumdes Budi Asih Karawang Panen Ribuan Brokoli

PELITAKARAWANG.COM-  Meskipun sempat terseok-seok struktur kepengurusannya, Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Budi Asih Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang, bangkit dan memperluas jaringan baik di bidang pertanian, peternakan dan jasa. Bahkan, BUMDes ini akan menjadi Wakil Lemahabang dalam gelaran lomba BUMDes tingkat Kabupaten.(6/9/2018).

Pengurus BUMDes Budi Asih Ciwaringin, Rudi mengatakan, Dalam pengelolaan BUMDes, pihaknya beranikan diri untuk menjadi wakil Kecamatan kaitan keberhasilan BUMDes di Ciwaringin dalam lomba BUMDes hari Rabu ini. walaupun sempat pasang surut, karena BUMDes ini sempat dilanda masalah kepengurusan, namun pihaknya terus bangkit untuk pengembangan usahanya. Sebut saja dibilang pertanian, Desa Ciwaringin yang merupakan sentra perkebunan rambutan, jambu kristal dan brokoli, di fokuskan untuk menambah usaha dengan menanam 40 ribu brokoli di lahan seluas 1 hektar. Wal hasil, Brokoli BUMDes ini sudah bisa di panen selama kurang dari 60 hari untuk memenuhi pesanan, baik dari Pasar Induk Cibitung, Tangerang, Keramat Jati hingga Bogor yang hasilnya bisa melimpah puluhan ton. " Brokoli dari usaha Bumdes kita ini tembus ke Pasar-pasar besar di Cibitung dan Jakarta hingga Bogor, " Katanya.

Rudi menambahkan, dengan jumlah penduduk 8.621 jiwa, desa Ciwaringin ini sukses dalam mengembangkan usaha tani brokoli yang terus berjalan setiap bulan. Bahkan, dibidang usaha ternak domba, saat perayaan hari raya Idul Qurban, BUMDes ini mampu menjual 37 ekor domba ke masyarakat. Ia berharap, dengan usaha Bumdes yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan ini, bisa menjadi referensi desa lain untuk bisa sama-sama mengangkat potensi lokal desa untuk dikembangkan, sebab, brokoli yang asli Ciwaringin dari tangan-tangan petani binaan BUMDes ini, mampu dikenal masyarakat luar, bahkan melekat menyebutnya sebagai Brokoli BUMDes. " Ya walaupun Kadesnya perempuan, kita selalu diarahkan agar usaha Bumdes ini terus maju, dan berikan inovasi yang baik bagi masyarakat , " Katanya.

Kades Ciwaringin, Hj Ocih Sudomo mengatakan, BUMDes di desanya semakin maju selangkah, karena usahanya jelas dalam mengangkat potensi lokal. Ia selalu mendorong, agar perkebunan ini menjadi andalan pengembangan usahanya, yaitu Brokoli. Dengan pembibitan dan perawatan yang baik, para petani binaan BUMDes ini tidak harus promo marketing mencari pembelinya, sebab, pengepul dari berbagai pasar induk ini sudah sangat banyak mendatangi lokasi-lokasi lahan brokoli di Ciwaringin.Semoga saja, BUMDes yang dikelola di desanya ini bisa objektif di nilai pihak Kabupaten, karena lewat paparan pengurusnya, ia apresiasi bahwa BUMDes ini mampu mempresentasikan Lemahabang secara umum di tingkat Kabupaten.." kita dorong, semoga saja semakin baik dan bisa menjadi nilai plus dalam lomba mewakili Kecamatan ini ," Pungkasnya. 
Diberdayakan oleh Blogger.