Desa Sasaran BSMSS Diguyur Anggaran Rp 1 Milyar

PELITAKARAWANG.COM - Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI, resmi dibuka Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana Selasa pagi (18/9) dilapangan dusun Pundong Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang. 

Program Kodim 0604 tersebut, akan dilangsungkan selama 14 hari kedepan dengan bantuan Rp 1 Milyar yang didistribusikan untuk pembangunan sarana fisik dan non fisik di Desa yang dipilih tahun 2018 ini.

Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol E Sumardi mengatakan, BSMSS di Desa Pasirtanjung ini pihaknya libatkan 150 anggota TNI untuk menggarap sejumlah sasaran infrastruktur selama 14 hari kedepan. Pihaknya yang mengkoordinir program ini, namun masyarakat yang dilibatkan didalamnya. 

Ada sejumlah sarana fisik yang akan dan sedang digarap di Desa Pasirtanjung ini, antara lain 10 unit Rutilahu,  3 unit Musala, 260 meter drainase, 4 unit poskamling, sarana infrastruktur jalan yang digarap PUPR sekitar 450 meteran  dan 2 ruangan kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI). 

Sementara untuk non fisik, pihaknya juga berikan penyuluhan wawasan kebangsaan, pelayanan hukum dan kesehatan. Diharapkan, semua kegiatan ini berjalan lancar selama dua Minggu kedepan. " Ini program kita yang koordinir, tapi masyarakat dilibatkan dalam prosesnya," Katanya.

Bupati Karawang, dr Cellica Nurachadiana mengatakan, program BSMSS ini adalah program sinergitas antara TNI, Pemkab dan masyarakat desa yang sudah dilaksanakan setiap tahun dengan sasaran sarana fisik, baik Rutilahu, Musala, lembaga pendidikan ,pos kamling dan infrastruktur lainnya. Warga dan aparat Desa Pasirtanjung sebutnya, patut berbangga hati, karena program ini dilakukan di desa ini yang diharapkan bisa menumbuhkan semangat gotong royong baik Polri, TNI, Pemda dan masyarakat Desa dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan. 

Karena, ia meyakini, dengan BSMSS ini, keberadaan prajurit ditengah masyarakat mampu berperan sebagai agen pembaharu agar lebih kreatif dan mandiri untuk bangsa dan negaranya. " Ini sebagai stimulan bagi masyarakat desa, yang dianggarkan Rp 1 Milyar untuk sarana fisik di desa sasaran," Katanya.

Cellica menambahkan, kegiatan yang akan dilangsungkan 2 minggu kedepan ini akan langsung menyentuh masyarakat, baik program sosialnya,  kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan. Karena, program ini  mengemban misi sosial yang berorientasi untuj mengatasi kesulitan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan, pemberdayaan dan tanggungjawab sosialnya. Lebih jauhnya, sambung Cellica, BSMSS ini  sekaligus memberikan motivasi bagi seluruh warga agar mampu manfaatkan potensi yang ada, sehingga bisa berdampak positif dengan pemberdayaan masyarakat secara swadaya dan swakarya. Terakhir, Ia pesankan hasil fisik kiranya bisa dimanfaatkan optimal , pacu  sebagaimana tujuan BSMSS itu sendiri, "Kita haturkan terimakasih kepada Kodam Siliwangi, serta seluruh pihak yang terlibat, Program ini, semata untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat. 

Perlu semangat gotong royong dan selalu tebar kebaikan untuk masyarakat Pasirtanjung," Katanya.
Posting Komentar