PELITAKARAWANG.COM-.Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, menggelar job fair di Technomart, Galuh Mas, Karawang, Rabu (12/8/2018). Job fair tersebut membuka 1.000 lowongan kerja dari 17 perusahaan manufaktur yang beroperasi di Karawang.


"Ada 17 perusahaan manfactur yang membuka kesempatan kerja untuk 1000 calon tenaga kerja yang memiliki KTP Karawang," ujar Kepala Disnakertrans Karawang, Ahmad Suroto.

Ia mengatakan, job fair tersebut merupakan kerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mengatasi masalah pengangguran di Karawang. Tujuan job fair itu sendiri dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kegiatan ini juga mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja secara langsung dalam satu kegiatan job fair. 

"Kita pertemukan langsung kedua belah pihak agar komunikasi bisa langsung dua arah." katanya.

Dikatakannya 17 perusahaan yang mengikuti job fair, yakni PT Astra Honda Motor, PT Summit Adyawinsa Indonesia, PT Honda Prosct Motor, PT Yamaha Manufacturing Indonesia, PT Yamaha Motor Manufacturing West Java, PT G-Tek, PT FCC, PT Exedy Manufacturing Indonesia, PT GS Batery, PT Sumber Alfaria, PT Mura Indonesia, PT Aisin, PT AT Indonesia, PT Bakaert, PT Asia Citra Pratama, PT Adyawinsa Plastic Industrie, PT Adyawinsa Stamping Industries.

Menurutnya, Pemkab Karawang akan mengutamakan pelamar kerja yang memiliki KTP Karawang. Hal tersebut juga sudah disampaikan kepada pihak perusahaan agar menerima karyawan yang memiliki KTP Karawang. 

"Kita utamakan dulu untuk warga yang memiliki KTP Karawang, kecuali memang untuk bidang tertentu yang membutuhkan keahlian khusus. Sesuai arahan ibu Bupati kita akan utamakan untuk warga Karawang terlebih dahulu," katanya. 

Berdasarkan catatan Disnakertrans, pencaker yang melamar melalui website mencapai 60.000 pelamar. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah, mengingat job fair ini akan berlangsung hingga Kamis (13/9/2018).

"Dari jumlah itu yang sudah mendaftar ulang di lokasi job fair ini mencapai 10 ribu orang, dan jumlah itu pasti bertambah sampai besok," pungkasnya.