Hari Ini Festival Pasanggiri Pencak Silat Buhun 2018 di Karawang

PELITAKARAWANG.COM-.Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang menggandeng Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karawang untuk menyelenggarakan Festival Pasanggiri Pencak Silat Buhun tahun 2018, pada Sabtu 22 September 2018 di Resinda Park Mall Karawang.

Peserta yang mengikuti Silat Buhun ini sebanyak 235 peserta dari 25 paguron yang terdaftar di IPSI Karawang.

Ketua Pelaksana Festival Pasanggiri Pencak Silat Buhun, Popon Urmayanti mengatakan, festival pasanggiri ini merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Karawang ke 385 tahun. Dengan peserta dari pelajar pelajar SD, SMP dan SMA/SMK di Karawang.

Festival ini untuk kategori tunggal putra dan puti dan rampak untuk SD dan SMP. Sedangkan SMA/SMK kategori rampak, katanya disela-sela kegiatan.
Menurutnya pasanggiri dilakukan tiap tahun dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Karawang. Dibandingkan tahun lalu, Popon menyebutkan tahun ini lebih meriah dari peserta yang mengikutinya.

"Tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Artinya budaya tradisional ini mulai banyak diminati dari pelajar. Dan IPSI akan terus budayakan kesenian dan kebudayaan lelulur ini,"kata Popon lagi.

Ia menjelaskan bagi yang juara akan mendapatkan tropi, uang pembinaan dan piagam untuk juara tiga besar. Selanjutnya ada piala tetap Disparbud untuk juara umum pada Festival Pasanggiri Pencak Silat tahun 2018.

"Kita harapkan dengan festival pasanggiri ini menumbuhkan motivasi dan minat anak-anak, remaja, pemuda dan masyarakat untuk pengembangkan seni dan budaya bangsa," tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang H Dadan Sugardan, turut bangga atas fesival pasanggiri yang dilaksanakan. 

Dadan mengakui bila ada peningkatan seni dan budaya dikalangan pelajar Karawang.

Tetap dan pertahankan dan terus dikembangkan. Saat ini cukup banyak minat pelajar belajar kesenian pencak silat," kata Dadan Sugardan, sekaligus membuka acara Festival Pasanggiri Pencak Silat Buhun tahun 2018.Bahkan Wakil Bupati Karawang, Jimmy Akhmad Zamakhyari memberikan apresiasi atas hal tersebut. "Selamat dan sukses pasanggiri pencak silat buhun IPSI Karawang," kata Kang Jimmy.

Pada kesempatan itu juga hadir Wakil Bupati Karawang, Akhmad Zamakhyari, Wakil Ketua KONI Karawang, H Bambang Maryono, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kapolsek Telukjambe Timur, pengurus IPSI, paguron se Karawang dan tamu undangan lainnya.
Posting Komentar