Ini Manfaat Luar Biasa Madu Bagi Tubuh Manusia

PELITAKARAWANG.COM-,Madu adalah hasil (Produksi,red) menambah gaya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dari hewan lebah, kini telah dikenal lebih jauh karena khasiatnya bagi kesehatan yang melimpah. Tak heran jika madu banyak digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. (30/09/2018).
Ada pun manfaat madu, yaitu:

a.Manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah.

Madu tak hanya dikenal sebagai pemanis alami, madu juga memiliki manfaat lain yang digunakan untuk penghilang jerawat, namun perlu ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti jeruk nipis. Madu pun dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah dan menghaluskan kulit wajah.
b.Madu sebagai penghilang batuk . 

foto:Lani Roisah
Manfaat madu sebagai penghilang batuk tak hanya kabar yang tak benar yang tiada buktinya, namun manfaat ini dibuktikan dengan jurnal pula. Hasil dari penelitian yaitu dengan meminum satu sendok madu sebelum mereka tidur intensitas batuk yang terjadi mengalami penurunan.

c.Madu sebagai peningkatan kekebalan tubuh.
Didalam madu ada aneka nutrisi yang beigtu kompleks mulai dari vitamin hingga aneka mineral yang dibutuhkan tubuh. Tek heran bila kini banyak para orang tua yang mempercayai madu untuk diberikan kepada anak-anak mereka. Alasan orang tua memberikan madu yaitu untuk menjaga kesehatan sang anak terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina.
d.Madu sebagai pembunuh bakteri. 

Di dalam madu ada suatu zat yang memiliki fungsi memperlambat laju bakteri bahkan mematikan bakteri tersebut sehingga tubuh terhindarkan penyakit. Telah dibuktikan pada suatu studi bila madu efektif membasmi bakteri dalam tubuh seperti E. Coli, Salmonella dan bakteri lain sejenisnya. Maka dari itu, khasiat dari madu tak perlu diragukan lagi. 

e.Mencegah kanker dan penyakit jantung.

Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa kanker dan penyakit jantung.

f. Antibakteri dan antijamur.

Semua madu adalah antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida.

Kata Peter Molan,Direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di Selandia Baru.Sejak zaman kuno, madu telah digunakan sebagai makanan maupun obat-obatan. Madu sangat tinggi dalam senyawa tanaman bermanfaat, dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Madu sangat sehat jika digunakan sebagai pengganti gula, yaitu 100% zero kalori.

Karya :Lani Roisah. 

Mahasiswa STIKES JENDERAL ACHMAD YANI CIMAHI - 
Program Studi Kesehatan Masyarakat.
Posting Komentar