PELITAKARAWANG.COM -Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Badan Geologi memastikan lubang misterius di Sukabumi disebabkan adanya terowongan air di bawah tanah. Terowongan tersebut memiliki panjang sekitar 50 meter, dengan ukuran tinggi 3,2 meter dan lebar 2,5 meter.

Mencoba melihat langsung terowongan tersebut di Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (11/9/2018). Lokasinya berada di bawah gang perkampungan.

Terowongan memiliki pintu masuk berdiameter sekitar tiga meter, cukup leluasa untuk masuk dua hingga tiga orang secara bersamaan. Menurut warga setempat, gua itu dikenal dengan gua coblong atau terowongan aliran air.

"Ada gua saluran air di bawah lubang. Tepatnya di area persawahan ini memang banyak terdapat coblong. Jumlahnya banyak dan bahkan ada yang saling melintang," kata Maman (50), warga setempat.

Mulut Gua Pemicu Lubang Raksasa di Sukamaju, Sukabumi

Beberapa warga bahkan pernah masuk ke dalam gua tersebut. Menyeruak isu soal keberadaan harta karun yang menjadi legenda warga kampung setempat.

"Usia saya masih 17 tahunan, sekitar tahun 1975 - 1978. Saya lupa tepatnya. Pernah masuk ke dalam gua itu, kenapa? Karena saya penasaran dulu itu ada isu di dalam gua ada harta karunnya," kata Akroma Nurkarim (56), warga yang mengaku pernah masuk terowongan. 

Akrom menelusuri gua yang menurutnya memilik panjang 50 meter. Menurut dia, gua tersebut lantainya tanah licin dan dindingnya campuran antara batu serta tanah. Akrom mengaku harus membungkuk dan berdiri tegak saat menyusuri gua.

"Lantainya licin, banyak lumut. Lebarnya bisa dilalui orang berdua. Tinggi saya tidak tahu pasti, kadang membungkuk dan berdiri, dindingnya keras seperti batu karang sebagian lagi tanah," ujarnya.

Isu soal harta karun tidak terbukti, pria yang akrab disapa Akrom itu hanya menemukan lalay (kelelawar) di dalam gua. Pintu keluar berada di seberang sawah, hanya sekitar 7 meter dari lokasi ambles atau lubang di tengah sawah.

Posisinya jauh lebih kecil, pintu masuk hanya selebar 1,5 meter dengan lebar sekitar 1 meter. Terlihat longsoran tanah dan ilalang di sekitar terowongan keluar tersebut. 

Sumber : detikcom