Karawang Telah Sah dan Beres Untuk Paripurna APBD Perubahan Tahun 2018

Hj.Cellica Nurrachadiana
PELITAKARAWANG.COM-,Diakhir bulan September 2018,(28/09/2018),DPRD Kabupaten Karawang bersama Pemkab Karawang telah menggelar Rapat Paripurna dengan sejumlah agenda di antaranya Penetapan Raperda tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2018.

Dalam Rapat Paripurna tersebut,dalam hal Bupati Karawang,Cellica Nurrachadiana,sampaikan untuk defisit anggaran sebesar Rp295,6 miliar bisa teratasi.

“Defisit tersebut telah dapat ditutup seluruhnya dengan pembiayaan netto ,” ucap Cellica Nurrachadiana. 

Bupat Karawang merincikan defisit itu teratasi dengan penerimaan pembiayaan sebesar Rp310,6 miliar yang diperoleh dari perhitungan Silpa Tahun Anggaran 2016.Pengeluaran pembiayaan sebesar Rp15 miliar yang diperuntukan bagi penyertaan modal Bank Jabar Banten sebesar Rp5 miliar, penyertaan modal PDAM Tirta Tarum sebesar Rp5 miliar, penyertaan modal PT LKM Karawang sebesar Rp300 juta.

“Sisanya untuk penyerdaan modal PT BPR,” ungkap Bupati Karawang.
Jelasnya pula, dengan ditutupnya angka defisit tersebut, maka kendala defisit berjalan yang muncul pada saat pembahasan RAPBD Perubahan TA 2018 dapat teratasi.

“Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018, yang mengatur bahwa Pemerintah Daerah menetapkan sisa lebih pembiayaan tahun anggaran 2018 bersaldo nihil,” bebernya.

Patut diketahui dalam sidang tersebut ada beberapa agenda lainnya yang sama penting yakni penetapan Raperda tentang perubahan kedua atas Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang penyertaan modal Pemkab Karawang pada BUMD dan Raperda tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Eletronik dan penetapan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD.
Posting Komentar