PELITAKARAWANG.COM-.Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan harus ada solusi tepat bagi tenaga honorer kategori 2 (K2). Saat ini tenaga honorer K2 terus menyuarakan hak mereka agar diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Jumlah honorer K2 saat ini sekitar 438.590 orang. Namun, hanya 13.347 honorer yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes CPNS.
Karena itu, Bamsoet meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) mencari solusi bagi 425.243 honorer yang tak terakomodasi dalam tesj CPNS.

“Meminta Kementerian PAN RB mencari solusi terhadap 425.243 tenaga honorer K2 yang tidak lulus tes untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sesuai dengan Pasal 95 UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,” ujarnya dalam pesan elektronik

Legislator Golkar itu juga meminta Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) segera mengkaji kekurangan formasi PNS. “Mengingat pemerintah memberlakukan moratorium penerimaan CPNS selama lima tahun,” ucap Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kementeria PAN RB untuk meminta formasi kebutuhan pegawai di kementerian/lembaga guna penempatan tenaga honorer K2. Hal itu sesuai dengan kesepakatan politik antara Komisi I DPR, Komisi II DPR, Komisi IV DPR, Komisi VIII DPR, Komisi IX DPR, Komisi X DPR, dan Komisi XI DPR dalam rapat dengan KemenPAN-RB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama.

Karena itu pula Bamsoet meminta Kementerian PAN RB memverifikasi dan memvalidasi honorer K2 secara ketat. “Guna mencegah terjadinya penggelembungan data saat akan mengangkat K2,” cetusnya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah kebutuhan anggaran. “Meminta Kementerian PAN RB bersama Kementerian Keuangan untuk membahas keuangan negara dalam mengangkat tenaga kerja honorer di masa mendatang,” kata dia.