Pengaruh Era Globalisasi Terhadap Bidang Kesehatan

PELITAKARAWANG.COM-,Seperti kita tahu bahwa zaman sudah sangat berkembang pesat saat ini, dan semakin berkembangnya zaman semakin berkembang pula kapasitas teknologi yang beredar di sekitar kita, salah satunya di bidang kesehatan.

Secara umum globalisasi adalah suatu proses menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah,yang artinya setiap individu dapat terhubung dan dapat saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui bisa melalui media elektronik maupun media cetak.(29/09/2018).

Kata globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization,yang artinya adalah gabungan dari kata Global yang berarti mendunia dan Lization yang berarti proses.

Bicara tentang globalisasi di bidang kesehatan,ada tidak kaitannya dengan kesehatan ? tentu ada! bahkan ketika Indonesia memasuki abad 21 globalisasi harus di jadikan agenda baru. Karnea apa?,karena globalisasi akan memberikan dampak yang amat banyak dan amat luas kepada negara kita. Di perkirakan dampak globaisasi juga dapat memberikan pengaruh baik dan buruk terhadap kesehatan misal kepada sistem pelayanan,penyakit baru,hingga kondisi sosial lainnya. 

Bicara tentang teknologi yang semakin pesat berkembang di negara kita saat ini,bisa kita lihat semakin maju suatu teknologi tersebut maka menjadi semakin praktis pula teknologi tersebut digunakan, dan tentu sangat banyak pula manfaat baik dan buruknya bagi kita.

Sri Hesti Fauziah
Jika kita bertanya–tanya bagaimana teknologi bisa terus maju ? itu karena sistem dari teknologi tersebut yang terus di kembangkan oleh para ilmuan dan bahkan oleh kita sendiri.Oleh karena itu perlunya kesiapan untuk kita sebagai tenaga kesehatan khusus nya dalam bidang kesehatan masyarakat untuk menghadapi tantangan globalisasi tersebut agar kita tidak tertinggal dengan adanya pengaruh globalisasi tersebut. Bisa kita lihat pada saat pra globalisasi rumah sakit adalah lembaga sosial,menerima anggaran dari pemerintah,melakukan transaksi pembayaran secara langsung,sistem pembayaran langsung fee for service,upaya yang leih di tekankan pada kuratif dan rehabilitatif,terpisah dari sistem pelayanan medik wilayah,kebijakan standar untuk semua Rumah Sakit (RS) dan beriontasi pada dokter.Sedangkan di era globalisasi seperti saat ini? RS adalah industri jasa, Sistem pembayaran kapitasi,upaya paripurna dari promotif sampai dengan rehabilitatif, Manajemen mutu menjadi inti kegiatan rumah sakit,berorientasi pada konsumen.

Adapun dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Kesehatan seperti berikut :

Dampak positif 
a.Meningkatnya mobilitas profesional dari suatu negara ke negara yang lain. 

b.Meningkatnya teknologi terhadap alat medis dan dapat menunjang pengobatan terhadap pasien.

c.Mingkatnya perusahaan asing dan perusahaan asuransi di dalam negeri. 

Dampak Negatif 
a.Kecanggihan teknologi dapat membuat banyaknya masyaraka yang meninggalkan cara pengobatan alternatif,sehingga banyaknya mobilitas konsumen kesehatan yang harus pergi ke luar negri hanya sekedar untuk berobat atau mendapat perawatan medis. 

b.Banyaknya kecanggihan teknologi yang di manfaatkan bagi banya orang untuk membuka perusaan sepeti industri tanpa memperdulikan sekitar yang bisa menyebabkan udara tercemar sehingga menyebabkan banyak orang menderita penyakit saluran pernafasan. 

c.Akan semakin memperparah maldistribusi dan kekurangan tenaga kesehatan. Karana banyak terbukanya jalur kesempatan di luar negeri.

DAFTAR PUSTAKA:

1.http://thehealthsystemofindonesia.blogspot.com/2011/02/globalisasi-dan-layanan-kesehatan.html
2.http://imx-com.blogspot.com/2016/11/makalah-sosiologi-dampak-globalisasi-di_26.html.

Penulis :Sri Hesti Fauziah
Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat S1 STIKES Jendral Achmad Yani Cimahi.
Posting Komentar