PELITAKARAWANG.COM-.Polri mulai bersiap menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan kekuatan personel mulai disusun dan dipetakan.(15/09/2018).

'Kita melakukan persiapan-persiapan pengamanan pemilu 2019. Di mana pemilu 2019 pengalaman pertama kali pemilihan serentak untuk DPRD kabupaten/kota, provinsi, DPR RI, presiden, termasuk DPD,' kata Setyo di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan. 

Setyo memastikan pengamanan nanti juga bakal melibatkan TNI. Makanya, saat ini jajaran pejabat Polri dan TNI di daerah mulai rutin diberi pembekalan. Para Kapolda, Pangdam, Danrem, Kepala Biro Operasi (Karoops), hingga Asisten Operasi Panglima TNI sudah diminta memetakan kekuatan dan potensi ancaman saat pemilu serentak di wilayah masing-masing.

'Berapa kekuatan yang harus disiapkan, bergabung dengan TNI. Kemarin Panglima TNI yang diwakili wakasad menyampaikan bahwa TNI siap bekerjasama karena sinergitas penting,' ujarnya.

Menurut Setyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto turun langsung membekali aparat di daerah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga turut memberi masukan.

Pada waktunya nanti, kata Setyo, fokus pengamanan bukan sebatas masa kampanye hingga pencoblosan. Aparat tetap mengantisipasi adanya sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

'Nah, di MK sengketa gimana melakukan pengendalian massa. Artinya TNI-Polri siap dan kita sudah memperhitungkan kemungkinan terburuk dan cara bertindak apa yang kita lakukan, sudah diperhitungkan,' jelasnya.