Saat Ini Kurangnya Kesadaran Masyarakat Pada Kebersihan Lingkungan

PELITAKARAWANG.COM-,Salah satu penyebab permasalahan kebersihan lingkungan akibat kurangnya kesadaran masyarakat pada lingkungannya sendiri Semesetinya masyarakat menyadari dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya karena kondisi lingkungan akan mempengaruhi kehidupan masyarakat.(29/09/2018).

Contohnya disekitar lingkungan kita masih banyak sampah yang berserakan terutama tempat yang kotor dapat menjadi sarang bagi lalat, terutama nyamuk yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. 

Selain itu juga apabila hujan deras,lingkungan yang kotor akan menjadi bencana bagi masyarakat setempat misal berupa bencana banjir.

Terkadang masyarakat seringkali memindahkan tugasnya ke orang lain atau ke tukang sampah padahal sudah kewajiban masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungannya.karena itu salah satu bagian tanggungjawab dari masyarakat itu sendiri.

Disisi lain pemerintah telah melakukan berbagai tindakan, namun sering kali tindakan pemerintah tidak akan terjalankan dengan baik akibat tidak didukung oleh kesadaran masyarakat sendiri.

Masyarakat seharusnya bertanggung jawab atau memberi dukungan terhadap tindakan pemerintah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Putri Anggraeni 
Umpamanya di mulai dari diri sendiri agar membuang sampah pada tempatnya,apabila melihat sampah seharusnya membuangnya walaupun itu bukan sampah dirinya,dan melakukan kerja bakti secara teratur, ataupun yang bisa menanam tumbuhan hijau agar menjadi lingkungan yang lebih sejuk terutama nyaman.

Dengan lingkungan yang bersih dan nyaman masyarakat pun dapat menikmatinya,sehingga masyarakat sadar terhadap kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membiasakan membuang sampah sembarangan.


Penulis : Putri Anggraeni 
Institusi : STIKES JENDERAL ACHAMAD YANI CIMAHI
Posting Komentar