Semaraknya Nadran Laut Pakisjaya Karawang

PELITAKARAWANG.COM-, - Bentuk rasa syukur para nelayan Tanjung Pakis Kecamatan Pakisjaya, atas hasil tangkapan ikan mereka saat melaut dan harapan meningkatnya hasil tersebut di kemudian hari, masyarakat nelayan setempat meayakan Pesta Laut atau biasa disebut Nadran, Minggu (23/9).

Camat Pakisjaya, Irlan Suharlan megungkapkan rasa syukurnya atas perhatian pemerintah Kabupaten Karawang atas perhatian dan dukungannya kepada keberadaan para nelayan Kecamatan Pakisjaya dengan memfasilitasi pesta laut atau Nadran tersebut.

"Masih merupakan rangkaian kegiatan HUT Karawang ke 385 tahun, khususnya masyarakat kecamatan Pakisjaya setiap tahunnya menggelar acara pesta laut ini dengan bantuan untuk pelaksanaan acara pesta laut ini," jelas Irlan usai acara.

Lanjut Irlan, ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Karawang untuk memperkenalkan Kecamatan Pakisjaya sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Karawang.

"Ada juga acara mancingnya, dengan banyaknya kegiatan yang digelar di kecamatan Pakisjaya ini, berharap timbulnya kesadaran masyarakat untuk dijadikan motivasi, bahwa masyarakat yang berada di ujung utara Karawang ini tak luput dari perhatian pemerintah. Tinggal harapan bahwa masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah demi kemajuan daerahnya," paparnya.

Hasil pantuan dilapangan, kepala kerbau beserta sesaji lain yang diletakkan dalam sebuah perahu mini dilarung ke tengah laut. Dan sebelumnya, semua sesaji tersebut diarak sekitar ratusan perahu nelayan, berkeliling pantai. Acara tersebut pun tak luput dari antusias masyarakat yang ingin menyaksikannya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Tanjung Pakis, Karyo mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya dan semaraknya acara tersebut dengan disaksikan oleh semua lapisan masyarakat Pakisjaya Khususnya Desa Tanjung Pakis.

"Bersyukur, pesta laut berjalan lancar tidak ada gangguan apapun, dan pesta laut yang dilaksanakan setiap tahun ini adalah adat istiadat serta budaya tradisional para nelayan di Desa Tanjung Pakis. Karena pesta laut atau nadran sendiri adalah bentuk rasa syukur para nelayan terhadap hasil tangkapannya, dan harapan nelayan tangkapanya di masa yang akan datang akan lebih melimpah dan berkah," pungkas Irlan.

Posting Komentar