Siswa dan Guru Disini Biasakan Yasinan Berjamaah

PELITAKARAWANG.COM-.Ada pemandangan berbeda di lingkungan SDN Pulojaya 1 setiap Jumat akhir pekan, pasalnya, sekolah penerap Kurikulum 2013 (Kurtilas) pertama di Kecamatan Lemahabang tersebut, rame-rame berjamaah membaca Yasin dipelataran sekolah.Selain menjadi pembiasaan siswa, kegiatan yasinan yang juga di ikuti para guru tersebut, membuat suasana tak ubahnya seperti lingkungan majelis taklim.(17/09/2018).

"Ya yasinnya di baca bersama-sama, sedikit demi sedikit yang Asmaul Husna juga terbiasa dibaca jadi bisa hapal kedepannya." Kata siswa SDN Pulojaya 1 Fatmawati Dwi Pratiwi.

Menurutnya, yasinan semacam ini mirip dengan kegiatan di masjid. Tentunya lewat bacaan Al Quran ini, dirinya bercita -cita ingin sukses dimasa depan. " Semoga berkah dan terkabul semua cita-citanya nanti," Katanya.

Kepala SDN Pulojaya 1, H Ojat Darojat mengatakan, seminggu sekali, anak-anak di arahkan supaya mengenakan baju Koko dan muslimah. Pada hari itu, sebab pihak sekolah memberlakukan pembiasaan diri membaca yasinan dengan berjamaah, disamping surat lainnya dalam Al Qur'an seperti Al Mulk dan Al Waqiah, bahkan para siswa dan sebagian orangtua juga bergegas ke sekolah dengan membawa air mineral berharap berkah dari yasinan yang di baca,malahan sebagian orangtuanya ada yang sampai membawa kue, nasi Huduk dan lainnya. Hal itu bertujuan, untuk membangun mental spiritual anak dalam memahami nilai-nilai luhur keagamaan,walaupun berada dilingkungan sekolahan, karena dengan mengaji dan memahami Al Qur'an berikut tausiyahnya jelang dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), anak-anak bisa lebih terarah dalam mempelajari agama, utamanya bacaan Qur'an. Bahkan, secara tidak langsung juga ikut membantu keberkahan dan doa bagi siswa itu sendiri selama belajar di SD berstandar Nasional ini ."Seminggu sekali kita biasakan anak-anak baca Yasin berjamaah di pelataran sekolah,agar ini jadi kebiasaan rutin untuk mereka sambil belajar agama," Katanya.

Lebih jauh, Ojat menambahkan, disamping pembelajaran, anak-anak juga diarahkan berdoa bersama guru-gurunya agar barokah dan diberikan kesuksesan dalam perjalanan prosesnya. Sebab, doa-doa Yasin yang ditopang dengan Fadilah Asmaul Husna yang di baca siswa, diyakininya bisa di ijabah , utamanya untuk masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Sehingga, spiritual yang tertanam dalam dirinya itu bisa terus melekat optimal dalam lahir dan batin anak-anak, dimana kenakalan pelajar bisa dibentengi dengan kegiatan-kegiatan semacam ini." Kita berharap kesuksesan dari keberkahan yasinan dan Asmaul Husna tersebut," Katanya.
Posting Komentar