Situs Peneriman CPNS 2018 Belum Bisa Dibuka

PELITAKARAWANG.COM–.Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yaitu SSCN (http://sscn.bkn.go.id) sudah bisa diakses hari ini. Situs tersebut memfasilitasi pendaftaran seleksi CPNS 2018.

Namun, situs tersebut belum membuka pendaftaran CPNS sesuai dengan jadwal awal yang diinformasikan. Kapan pelamar bisa melakukan pendaftaran? 

“Jadwal waktu pendaftaran akan segera disampaikan kepada publik setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS,” kata Ridwan dikutip Rabu 19 September 2018 dari keterangan resminya. 

Hari ini lanjut Ridwan, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN. Sehingga ketika pendaftaran dibuka, syarat-syarat tersebut sudah bisa dipenuhi. 

Seperti diketahui, Pemerintah membuka lowongan 238.015 formasi CPNS untuk penerimaan Tahun Anggaran 2019. Ke-238.015 formasi itu terdiri atas 51.271 formasi untuk Instansi Pusat, dan sisanya sebanyak 186.744 formasi untuk  Instansi Daerah.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018, setiap pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) Instansi Pemerintah dan 1 (satu) formasi jabatan.

Adapun materi seleksi terdiri dari dua tahap yaitu seleksi administratif dan seleksi kemampuan dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi yang dinyatakan lulus SKD. Sementara itu SKD sendiri meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensia umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 
Posting Komentar