Waduh... Awas Meluas!!! Dua Ormas Bentrok

PELITAKARAWANG.COM-.Dua organisasi masyarakat (Ormas) terlibat bentrokan di Gandaria, kawasan Jakarta Selatan. Petugas Kepolisian diterjunkan agar aksi tak meluas. 

Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Sujanto membenarkan bentrokan terjadi di wilayahnya, tepatnya di dekat pos Ormas Forum Betawi Rempug (FBR), di Jalan KH Syafie Hamzami, Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Bentrok diduga antara FBR dengan Ormas Pemuda Pancasila (PP). Bentrok tersebut berujung pengerusakan.
  
'Betul, tadi malam selepas magrib 18.30 WIB terjadi kegiatan pengerusakan,' ujar Sujanto di lokasi kejadian, Selasa, 11 September 2018. 

Jajaran Polsek telah diterjunkan untuk mengantisipasi bentrokan. Menurut Sujanto, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan jajaran pimpinan wilayah Ormas FBR untuk tetap menahan diri. 

'Kami sudah lakukan upaya menerjunkan anggota untuk antisipasi supaya tidak melebar. Kami koordinasi ketua gardu dan korwil agar tahan diri demi keanan bersama,' ungkapnya. 

Aksi penyerangan diduga berawal dari kejadian serupa di kawasan perbatasan Jakarta dan Tangerang Selatan. Sujanto memastikan bakal memproses kejadian ini sesuai hukum. 

'Memang hari ini ada milad FBR ke-17 di Tangsel, tadi siang saat mereka start menuju objek dan kami lakukan pencegahan untuk berikan imbauan agar menghindari giat potensi gesekan. Kami kawal dan serah terimakan tapi tampaknya hari ini ada kegiatan yang harusnya tidak terjadi,' paparnya.

Tidak ada korban jiwa dari aksi bentrok ini. Apoarat kepolisian sementra masih berjaga agar situasi tetap kondusif. 

'Bisa dilihat sendiri di gardu ini hanya pecahan kaca, kemudian batu-batu kaca yangg ada tadi. Ketika orang itu melakukan penyerangan kita akan lakukan penangkapan,' tandasnya. 

Kabar ini diturunkan untuk Jajaran Kepolisian Jakarta Selatan tengah fokus menangani perselisihan antara dua organisasi masyarakat (Ormas) yang berujung perusakan. Kegiatan konvoi bakal menjadi perhatian.

Aksi bentrok terjadi sekitar pukul 18.30 WIB yang diduga melibatkan Ormas Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rembug (FBR). Perselisihan keduanya terjadi saat salah satu Ormas melakukan konvoi kendaraan di kawasan perbatasan Jakarta dan Tangerang. 

"Sekarang kami sedang fokus penanganan ribut PP dengan FBR di (depan) Gandaria City," ujar Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar kepada wartawan, Selasa, 11 September 2018.

Indra mengistruksikan jajarannya untuk bersiaga. Antisipasi dini perlu dilakukan agar kejadian tak meluas. 

Sementara itu, Kapolsek Pesanggrahan Kompol Maulana Jali Karepesina menuturkan, pihaknya telah menerima informasi aksi perselisihan dua ormas ini di wilayahnya. Pihaknya melakukan pencegahan dengan mencegah aksi iring-iringan kendaraan. 

"Saat ini kita sedang menjaga di perbatasan Pesanggrahan dengan Ciledug, Tangerang, sampai saat ini wilayah Pesanggrahan aman terkendali," ucap Maulana.

Kapolsek Ciledug Kompol Supiyanto juga telah melakukan hal serupa. Wilayah perbatasan dinilai perlu dilakukan pengawasan lantaran rawan menjadi titik bentrok Ormas. 

Penyisiran dilakukan lebih intensif bersama Polsek Pesanggrahan. Sejauh ini, tidak ada korban maupun kerusakan berat.

"Kami telah melakukan penyisiran di lokasi bersama Polsek Pesanggrahan, dan tidak ada korban maupun kerusakan berat, sementara ini belum diketahui penyebab bentrokan ini," tandasnya. 

Sumber:Metrotvnews
Posting Komentar