Warga Mendukung Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang Namun Ini Bereskan!!!

PELITAKARAWANG.COM - Masyarakat Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendukung pembangunan Pelabuhan Patimban. Namun, mereka menuntut haknya dipenuhi dan kesejahteraan diperhatikan oleh pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo saat memimpin pertemuan Komisi V DPR RI dengan masyarakat dan pihak terkait pembangunan Pelabuhan Patimban di Kantor Camat Pusakanagara, Subang, Jabar, beberpa waktu lalu. Kunjungan tersebut dilakukan guna mencari masukan terkait pembangunan yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) itu.

“Kunjungan kita ke sini selain ingin melihat secara langsung proses pembangunan Pelabuhan Patimban, juga untuk mendapatkan masukan dari semua pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar pelabuhan, terkait permasalahan yang ada dalam proses pembangunan Pelabuhan Patimban,” kata Sigit, dikutip laman dpr.go.id, Senin, 24 September 2018.

Politikus PKS itu mengungkapkan, sebelumnya warga yang tergabung dalam Paguyuban Tani Berkah Jaya Patimban menyampaikan aspirasi di Kompleks Parlemen terkait pembanguna Pelabuhan Patimban. Dalam pertemuan itu, warga ingin dilibatkan dalam proses pembangunan dan hak mereka dipenuhi oleh pemerintah.

Sigit pun memastikan, pihaknya berjanji akan membantu mediasi masyarakat Desa Patimban dengan pihak-pihak yang terkait. 'Seluruh pemangku kepentingan sepakat mendukung pembangunan Pelabuhan Patimban, karena menyangkut kepentingan dan masa depan masyarakat Kabupaten Subang ke depan. Masyarakat Patimban, Subang dan sekitarnya hanya ingin keadilan dan hak mereka terpenuhi dengan nilai yang wajar,” ujar Sigit.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Nurhasan Zaidi . Dia berharap agar permasalahan pembangunan bisa diselesaikan dengan baik.
“Kita berharap agar segera ditentukan jalan tengahnya, agar pembebasan lahan segera tuntas, karena lahan warga yang terkena imbas dari pembangunan Pelabuhan Patimban ini merupakan lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian mereka sehari-hari,” kata politikus PKS itu.

Sementara, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo menjelaskan, ada beberapa tujuan pembangunan Pelabuhan Patimban, yaitu mengurangi biaya dan memperlancar distribusi logistik, memperkuat ketahanan ekonomi, serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi migas. 
Posting Komentar