Awas Dampak Buruk Saat Gunakan Handphone Sebelum Tidur

PELITAKARAWANG.COM-,Di zaman yang modern ini,alat komunikasi seperti handphone sangat diperlukan untuk sarana informasi.Umumnya masyarakat menggunakan handphone untuk kegiatan sehari-hari,sebelum tidur pun masyarakat masih tetap menggunakannya dan menjadi lupa waktu,(05/10/2018).

Penggunaan handphone sebelum tidur dalam kondisi gelap biasanya banyak dilakukan oleh masyarakat.Hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan.Karena dalam kondisi gelap dapat memicu radiasi yang berasal dari layar handphone.Cahaya biru tersebut memancarkan radiasi menuju otak, sehingga menyebabkan seseorang sulit untuk tidur.Sinar biru pada ponsel dapat mengakibatkan radiasi yang merusak fungsi tubuh seseorang.

Dampak penggunaan handphone sebelum tidur dalam kondisi gelap,antara lain:

1.Gangguan pada mata.

Paparan radiasi yang berasal dari sinar biru handphone mengakibatkan retina seseorang menjadi terganggu,sehingga mata mudah lelah.Apabila penggunaan handphone ini dilakukan secara terus menerus,akan memicu penyakit katarak mata.

2.Kelelahan otak.

Saat menggunakan handphone,mayoritas seseorang lupa waktu sehingga waktu untuk tidur menjadi lebih pendek.Hal ini membuat fungsi tubuh menjadi lelah dan mudah mengantuk,karena tubuh kurang istirahat dapat menghambat aktivitas pada esok hari.

3. Kanker.

Paparan sinar pada handphone dapat meningkatkan potensi terkena kanker sebanyak 17% (European Journal of Cancer Prevention).Kemudian hormon estrogen meningkat.

4. Obesitas.

Karena semakin lama waktu terjaga pada malam hari ,membuat kondisi perut semakin lapar.Biasanya seseorang lebih cepat merasa lapar, tanpa melihat waktu.Karena makan di saat larut malam, kurang baik bagi kesehatan tubuh untuk dapat mencerna makanan.

Tips mengurangi penggunaan handphone jangka waktu yang lama:

1. Pengaturan pencahayaan pada handphone.

Pada saat menggunakan handphone,sebaiknya menggunakan tingkat pencahayaan yang tidak terlalu terang supaya menghindari terjadinya radiasi pada mata.

2. Waktu istirahat.

Penggunaan handphone yang terlalu lama membuat tubuh seseorang menjadi lelah,untuk itu sebaiknya usahakan istirahat selama 20 menit.

Yunika
Istirahat selama 20 menit dapat mengurangi resiko terjadinya kelelahan pada tubuh seseorang.

3. Pelindung layar handphone.

Sebagian besar masyarakat menggunakan pelindung layar handphone dengan tempered glass dan anti gores.

4.Olahraga ringan.
Cara ini sangat mudah,pada penggunaan handphone yang terlalu lama biasanya jari-jari tangan menjadi kram.Sebaiknya istirahatkan sebentar untuk membuat jari-jari tangan menjadi rileks dengan cara melakukan pijatan pada telapak tangan.

Karya :Yunika.

STIKES Jendral Achmad Yani- Cimahi
Posting Komentar