Belajar Demokrasi, Begini Pemilihan Ketua OSIS di SMAN 1 Lemahabang


PELITAKARAWANG.COM - Setelah terkendala beragam agenda sekolah, ribuan siswa SMAN 1 Lemahabang (Salemba) akhirnya menggelar kegiatan Pemilihan Ketua OSIS baru Senin (8/10). Dengan jumlah warga Salemba yang terdiri dari siswa, guru dan caraka tersebut, pemilihan digelar terbuka lazimnya pemilu pada umumnya.


Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Lemahabang, Tedja Hudaya S.Pd mengatakan, jumlah hak pilih dalam pemilihan ketua OSIS baru tahun ini sebanyak 1.400. pihaknya bersama OSIS lama sudah menjaring calon Ketua, Wakil Ketua dan MPK, Wal hasil didapati dari hasil seleksi, seperti Psikotes dan wawancara, Calon ketua tiga orang dan Wakil ketua 3 orang, termasuk calon ketua MPK 3 orang dan calon wakil ketua MPK 3 orang untuk dipilih langsung para siswa sehari penuh diruangan terbuka atau out door. 

Bahkan, sebelum pencoblosan digelar, semua calon yang sudah terjaring dalam seleksi, diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misinya dihadapan semua warga salemba dengan istilah lain kampanye, baik door to door maupun orasi setelah upacara bendera di gelar.  Itu dilakukan, agar pemilih bisa cerdas memilih calon pemimpinnya dengan objektif dan profesional, apalagi para siswa ini adalah pemilih pemula dalam Pemilu tahun 2019 mendatang. " Tiga calon bersaing visi misi dan saling adu program sebelum pencoblosan," Katanya.

Lebih jauh Teja menambahkan, kegiatan pemilihan OSIS ini diselenggarakan langsung, bebas dan rahasia lazimnya pemilu pada umumnya, karena megiatan semacam ini secara tidak langsung memberi edukasi bagi pemilih pemula,  setidaknya jadi simulasi demokrasi bagi siswa yang memang akan menjadi pemilih pemula. 

Konsep dan mekanisme sama dengan pemilu pada umumnya, seperti bilik suara, penggunaan tinta, kertas suara dan media lainnya, sehingga saat tiba waktunya 2019 nanti, siswa sudah tidak kaku lagi saat mengikuti ajang pemilihan umum. " Siswa kita ajarkan demokrasi sesungguhnya, sehingga lewat pemilihan OSIS ada edukasi tersendiri dalam menghadapi hajat demokrasi sesungguhnya," Katanya.
Posting Komentar