Biaya Persalinan Warga Kurang Mampu Dijamin APBD II Karawang

PELITAKARAWANG.COM -  Duit Jaminan Persalinan (Jampersal) yang bersumber dari APBN nampaknya semakin seret, bahkan terhitung Agustus - September, dana yang menjamin persalinan ibu hamil tersebut ditangguhkan. Namun, masyarakat Karawang yang kurang mampu, tidak perlu khawatir memikirkan biaya persalinan, sebab Pemkab Karawang, masih sanggup biayai rumah sakit bagi persalinan tersebut, melalui program Karawang Sehat dengan syarat.
Ilustrasi persalinan
Forum TKSK Kabupaten Karawang, Leo Fitriana mengatakan, Jampersal dicabut hingga biayanya ditangguhkan sejak Agustus - September ini. Namun, masyarakat yang tidak mampu, tidak perlu bingung saat persalinan walau tanpa memiliki jaminan apapun, karena Pemkab mengarahkan agar masyarakat kurang mampu tersebut ke program Karawang sehat, kecuali yang sudah memiliki jaminan lain, baik dari APBN seperti BPJS kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan atau KIS, maupun yang dari APBD dengan Jamkesda misalnya. Tapi sambung Leo, bagi yang memang belum memiliki kartu jaminan apapun, sementara kondisi warga tersebut tidak mampu, kalaupun tidak ada Jampersal APBN, masih bisa di cover oleh program Karawang Sehat. 

" Kan Jampersal itu sudah gak ada, tapi kita bisa arahkan ke Karawang sehat," Katanya.

APBD sambung Leo, masih sanggup biayai persalinan masyarakat miskin di Karawang, tapi mendapati Karawang sehat, tetap harus ikuti syarat dan prosedurnya. Selain, harus dengan status kurang mampu yang direkomendasikan PSM dan TKSK,  calon penerima Karawang sehat ini harus memintai surat keterangan dari desa, kemudian ke Kecamatan melalui TKSK, dan diantar ajuannya melalui PSM ke Dinas Sosial, kemudian saat validasi cocok bahwa yang bersangkutan adalah warga tidak mampu, maka TKSK dan PSM arahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes)  untuk kemudian dapati kartu Karawang sehat tersebut jadi dalam jeda 1 - 2 hari.

Nominal yang dibayarkan Pemkab kepada rumah sakit yang sudah kerjasama dengan Jaminan kesehatan baik APBN maupun APBD, adalah sesuai standar dan prosedur yang diatur dalam regulasi. Sementara masyarakat, tinggal menikmati layanan kesehatan lewat jaminan itu, sebab, Karawang Sehat ini bukan saja bagi yang persalinan, bagi warga Karawang siapapun yang sakit apapun, dengan syarat keterangan tidak mampu, bisa digunakan. " Sehari dua hari juga jadi, asalkan ikuti prosedur, insya Allah PSM dan TKSK ini yang mendampingi ," Katanya.

Camat Tempuran, Suwandi S.IP mengatakan, masyarakat Karawang yang tidak mampu kemudian tidak punya kartu jaminan kesehatan apapun, bisa diarahkan ke program Kartu Karawang Sehat ini, dengan ketentuan adalah penduduk Karawang. Termasuk juga, dengan ibu bersalin yang ternyata belum punya kartu jaminan kesehatan apapun. Semua rumah sakit dan klinik yang kerjasama dengan layanan jaminan kesehatan semisal BPJS maupun Karawang Sehat, ini bisa jadi fasilitas kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu lewat program Karawang sehat tersebut. " Warga Karawang, yang gak mampu, belum punya kartu apapun, saat sakit dan bersalin bisa gunakan kartu Karawang sehat ini," Katanya.
Posting Komentar