Bupati Karawang Ngambek Akibatnya Jalan di Portal

PELITAKARAWANG.COM,-Bupati Karawang Dr. Hj, Cellica Nurrachadiana menginstruksikan pemasangan portal di jalan raya Cikalong Cilamaya, Kecamatan Jatisari. Hal itu dilakukan supaya truk angkutan dengan tonase berlebih tidak bisa lagi melintasi jalan milik kabupaten tersebut.

"Hasil evaluasi kami, jalan ini memang banyak rusak akibat sering dilalui truk dengan tonase berlebih," kata Kadishub Karawang Arief Bijaksana di Cilamaya, Kamis (4/10/2018).

Ia mengungkapkan,Bupati menyayangkan jalan Cikalong - Cilamaya kerap rusak parah akibat sering dilewati truk berkapasitas melebihi kemampuan jalan. Berdasarkan catatan, truk - truk tersebut kebanyakan dari konsorsium PLTGU Jawa-1, yakni Pertamina-Marubeni-Sojitz yang sedang melakukan pembangunan di Cilamaya.

"Kami hitung ada 7 ribu rit dalam tiga bulan terakhir," ungkapnya.

Untuk melakukan pengawasan, ia memerintahkan jajrannya untuk menjaga portal tersebut 24 jam.

Kepala Dinas PUPR Karawang Acep Jamhuri mengungkapkan pihaknya sudah pernah memperbaiki jalan Cikalong - Cilamaya tersebut dengan konstruksi rigit beton menghabiskan sekitar Rp 15 miliar. Namun, kata Kadis PUPR hanya beberapa tahun, kini jalan sudah kembali rusak akibat pengusaha mengangkut barang mencapai belasan ton, padahal kemampuan jalan hanya delapan ton muatan sumbu terberat.

Ia mengestimasi, pemerintah daerah Karawang bisa menghemat dana ratusan miliar dana perbaikan dengan memasang portal besi di sejumlah jalan. Dengan tidak dilewati truk bermuatan melebihi kapasitas, kondisi jalan diperkirakan akan mampu bertahan lebih dari lima tahun.

Dijelaskannya penyebab kerusakan jalan adalah banyaknya angkutan yang membawa muatan melebihi kemampuan jalan. Sesuai kondisi di lapangan, jalan di Cilamaya merupakan jalan kelas 3, yakni jalan yang hanya berkapasitas maksimal delapan ton muatan sumbu terberat.

"Selama masih ada truk melintas dengan muatan melebihi kemampuan jalan maka jalan akan cepat rusak. Semua pihak harus mau peduli dan memahami kondisi ini dengan sama-sama menaati aturan," tuturnya.
Posting Komentar