Calon Kades di Larang Rame-rame Saat Berkampanye

PELITAKARAWANG.COM - Para Calon Kepala Desa, diwanti-wanti untuk menjaga stabilitas dan keamanan selama tahapan Pilkades. Bahkan, meskipun kampanye bisa dilakukan berdasarkan kesepakatan para calon, namun Muspika dan kepolisian, melarang kegiatan kampanye dilakukan dengan rame-rame dan mengundang upaya provokasi di masyarakat.(15/10/2018).

" Sudah gak usah kampanye rame-rame, door to door saja sampaikan visi misi dan program secara elegan, agar kenyamanan masyarakat bisa terjamin, tinggal diatur sama panitia," Kata Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani disela-sela keliling rumah calon Kades di Desa Muarabaru. 

Menurutnya, kunjungannya dengan Muspika Kecamatan dan aparat kepolisian juga Danramil ini dilakukan, dalam rangka roadshow keliling calon untuk meyakinkan kondusifitas dan jaminan keamanan di desa.  Pengambilan nomor beberapa hari lalu, dan masa kampanye sampai menjelang hari tenang nanti, harus jadi perhatian semua calon dan tim suksesnya untuk saling jaga kerukunan. Tidak usah sebut Camat, ada konvoi, aksi pengerahan masa, atau juga mobilisasi masyarakat secara  berlebihan. Cukup sampaikan visi misi dengan elegan, seperti lewat spanduk, baliho, door to door atau kumpulan di rumah-rumah warga saja, karena  Urusan memilih itu adalah hak bagi masyarakat yang menilai. Dirinya yakin sambungnya, selama stabilitas ini komitmen dijaga oleh calon kades dan pendukungnya, bahkan pernyataan siap menang siap kalah juga dibubuhkan tertulis, maka Pilkades akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. " Jangan ada mobilisasi masa berlebihan, jaga kerukunan dan tidak boleh saling memancing atau provokasi," Katanya.
Senada dikatakan Kapolsek Cilamaya, Kompol Sutedjo, kegiatan keliling antar calon lebih dari sekedar silaturahmi, tapi menjalin komitmen untuk saling menjaga keamanan di desa. Apapun pilihan dan perbedaan visi misinya, pendukung dan calon sudah harus komitmen jaga stabilitas desa. Kampanye, boleh-boleh saja selama patuh aturan dan berdasarkan kesepakatan, tapi ia wanti-wanti untuk tidak saling provokasi dan mengganggu Kamtibmas di masyarakat. Karenanya, yang ia sampaikan ke para calon, meminta arahkan pendukungnya untuk kerjasama menjaga keamanan, mari serunya, cipatakan kondusifitas desa yang damai, sejuk dan lancar. " Kita terus keliling, dan bahas kampanye nih, jangan sampai persatuan kita pecah urusan Pilkades," katanya.
Posting Komentar