Di Karawang Gara-gara NIK Belum Online,Banyak Pendaftar CPNS Terhambat Registrasi


PELITAKARAWANG.COM-.Sejak dibuka pendaftarannya secara online melalui website http//sccn.bkn.go.id, ternyata banyak para pendaftar mendadak mental saat register. Musababnya, saat menginput nomor NIK yang tertera dalam Kartu Keluarga (KK),nama yang bersangkutan justru tidak muncul otomatis.Usut punya usut, NIK dalam KK yang dibuat baru,diduga masih belum di online kan pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga membuat registrasi para pendaftar abdi negara tersebut terhambat.Beruntung,akibat kejadian itu,pendaftaran CPNS diperpanjang 5 hari menjadi sampai tanggal 15 Oktober nanti.(05/10/2018).

Rahadian Iqbal
Pendaftar CPNS asal Desa Lemahabang,Rahadian Iqbal mengatakan, dirinya sudah mendaftar dan menginput data diri menjadi CPNS beberapa hari terakhir,namun selalu mental,karena NIK KK yang dimilikinya ternyata masih belum di online kan Pemerintah.Seharusnya,sebut Iqbal,memang saat register atau cheking data diri dengan NIK,sudah muncul nama dan identitas lengkap karena semuanya sudah online.Namun,nomor NIK yang mustahil ada kesalahan,justru nama dan data dirinya seperti nama tidak muncul saat input CPNS di registrasi.Maka, sebutnya,cara mengonlinekannya, ia harus langsung membuat permohonan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) agar nama dari NIK KK tersebut, muncul."Dikira saya saja,ternyata pendaftar lain juga sama,ada masalah nama tidak muncul setelah NIK KK kita input di registrasi," Keluhnya.

Iqbal yang juga Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.Ip) jebolan Unsika 2014 ini menambahkan,pihak Catpil menjamin akan mengonlinekannya Kamis ini, atau tiga hari jeda setelah mengajukan permohonan,sehingga registrasi CPNS bisa dilakukan dengan mulus.Ada kemungkinan sebut Iqbal,KK yang dimilikinya memang baru setelah dibuatnya sehabis berkeluarga dan belum di online kan pihak Kemendagri,sebab saat tahun 2017 dengan status belum menikah ia daftar CPNS input nomor KK,nama sudah otomatis muncul.Karenanya, ia berharap, proses registrasi bisa lancar setelah nanti dapat kepastian KK dengan NIK sudah sesuai, apalagi pihak BKN memperpanjang pendaftaran CPNS ini sampai 15 Oktober nanti,sehingga masih bisa ada kesempatan untuk yang daftar diulangi lagi. 

"Kalau yang guru formasinya sudah masuk ke tahap-tahap, saya mah registrasi juga masih nunggu lagi kesesuaian NIK dengan KK dulu," Kata Iqbal yang juga Sekdes Lemahabang ini.

Lebih jauh Iqbal menambahkan,dirinya membidik formasi di ilmu pemerintahan kota Bandung karena lowonganya cukup banyak. Namanya juga untung-untungan, ia berharap proses pendaftaran dan seleksi CPNS tahun ini berjalan lancar dan kondusif. Sebab,ia melihat melalui komputerisasi dan teknologi yang baik, penerimaan CPNS tahun 2018 ini lebih matang dan sistemnya juga bagus." Ya kita ikhtiar dulu lah, selagi masih ada kesempatan di usia saya yang ke 26 ini," Ungkapnya.

Kasie Pelayanan Kecamatan Lemahabang,Ade Saepudin mengatakan, ada ketidaksesuaian antara nomor NIK dengan identitas yang bersangkutan ini ternyata cukup banyak,mungkin karena warga sebelumnya membuat KK baru. Sehingga di fisik manual ada dan tertera,tapi di online belum dimunculkan Kemendagri.Hal ini tentu saja menghambat proses registrasi CPNS para pendaftar.Namun demikian,ia yang juga menerima aduan soal ini,langsung mengarahkan ke Disdukcatpil untuk di online kan lagi,sehingga data diri lengkap di munculkan.Atau,bisa menghubungi Halo Dukcapil 1500537 dan bisa kirimkan SMS dan WhatsAp ke Nomor 08118005373 dengan format #NIK,#Nama Lengkap,#Nomor KK,#Nomor HP dan #Keluhannya." Iya NIK di KK kebanyakan di pendaftar justru belum dimunculkan dalam online, makannya kita arahkan langsung ke Catpil saja," sarannya.

Untuk keluhan NIK dan KK yang tidak terdaftar atau tidak sesuai sedapat menghubungi ke:Halo Dukcapil 1500537 dan bisa mengirimkan SMS dan WhatsApp ke nomor 08118005373 dengan format:
#NIK

#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan
Posting Komentar