Gubnernur Jabar Minta Kepada Jajaranya Untuk Pelajari Alat Pendeteksi Tsunami

PELITAKARAWANG.COM-.Alat pendeteksi tsunami menjadi andalan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengantisipasi dampak bencana di pesisir selatan. Ia pun memerintahkan jajarannya ke Jepang untuk mendapatkan ilmu mengenai alat tersebut.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan pemasangan alat pendeteksi tsunami di wilayah selatan masuk dalam masterplannya untuk Jabar. Namun, katanya, rencana itu masih digodok.

"Iya alat pendeteksi tsunami itu ada di dalam masterplan, itu ada hal teknis, edukasi, teknokogi dan tata ruang," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu 3 Oktober 2018.

Namun Emil belum membeberkan titik yang akan dipasang alat pendeteksi tsunami. Pasalnya hal itu masih dalam usulan di masterplan yang akan segera dirampungkan dalam waktu dekat.

"Semua akan termuat dalam rencana besar masterplan itu. Jadi tunggu saja nanti, kita sedang berupaya untuk berbagai hal," tuturnya.

Sementara itu Emil mengaku tidak memfokuskan ke satu daerah untuk dalam penanganan bencana. Sebab, seluruh daerah di Jabar rawan bencana termasuk Pangandaran yang pernah diterjang tsunami pada 2006 silam.

"Antisipasi tidak per daerah, antisipasi karena bencana banjir itu 60 persen ada di Jawa Barat, bencana tsunami ada di pantai selatan ,bencana longsor ada di mana-mana. Jadi saya tidak akan mengkhususkan satu daerah, semua daerah di Jawa Barat akan dikondisikan untuk siap tanggap bencana," pungkas Emil.
Posting Komentar