Ini Solusi Mencegah Penyakit Jantung Koroner Pada Usia Muda

PELITAKARAWANG.COM-,Penyakit kardiovaskular dimana terdapat penyempitan arteri koroner pada pembuluh darah sering disebut penyakit jantung koroner (PJK).Penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.(03/10/2018).

Tahun 2013 berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Kemen terian Kesehatan, di Indonesia, PJK berada pada angka 12,1% dari populasi. Penyakit ini bahkan sudah banyak diderita oleh kelompok usia muda yakni usia 15-35 tahun sebesar 22%,sedangkan pada usia kurang dari 44 tahun sebesar 39% penderita.

Penyebab utama dari penyakit ini yaitu obesitas dan gaya hidup tidak sehat. Apabila sudah terjadi kerusakan pada pembuluh darah, maka penyakit kardiovaskular ini akan lebih cepat terjadi.

Beberapa pertanda penyakit kardiovaskular ini sudah berkembang dan harus diwaspadai oleh kelompok usia muda yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi), hiperkolesterolemia, dan arterosklerosis.

Pertanda pertama yaitu hipertensi, pada usia muda sering tidak menimbulkan gejala hanya menimbulkan mimisan, sakit kepala, dan penurunan kemampuan akademis serta olahraga.Namun,jika dibiarkan dapat mangakibatkan pembuluh darah rusak lebih cepat dimana hal tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung.

gambar ilustrasi
Pertanda kedua yaitu hiperkolesterolemia ,dimana kadar kolesterol yang tinggi dalam darah tanpa disadari merupakan awal pertanda perkembangan penyakit jantung koroner sejak masa anak-anak.

Sejak anak akan memasuki usia remaja pada usia 9-11 tahun sudah dapat terjadi peningkatan kadar kolesterol. Dan pada usia remaja 17-21 tahun memungkinkan untuk kembali terjadi peningkatan.

Pertanda ketiga yaitu arterosklerosis, dimana jika dalam darah kadar kolesterol tidak terkendali dapat menyebabkan plak di pembuluh darah.

Arterosklerosis ini perkembangannya dalam waktu yang lama,namun sudah dapat dimulai dari masa anak-anak.

Dan pemicu utama penyakit jantung pada usia dewasa 20-30 tahun ini adalah arterosklerosis.

Yang harus diwaspadai sebagai gejala awal penyakit jantung koroner di usia muda adalah rasa sakit di bagian dada sebelah kiri. Saat seseorang berjalan cepat dan merasakan sakit di sebelah kiri, tetapi saat berhenti atau diam rasa sakitnya mulai hilang.

Hal tersebut merupakan pertanda penyakit jantung koroner dan harus segera pergi ke Rumah Sakit yang mempunyai klinik spesialis jantung atau mengunjungi dokter spesialis jantung langsung.

Solusi pencegahan yang diupayakan dan disosialisasikan Departemen Kesehatan disebut solusi CERDIK.Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik,diet yang sehat dan seimbang, dan kelola stres.

Untuk itu, saat ini penyakit jantung koroner dapat diderita pada usia muda tidak hanya pada orang tua atau lansia karena pola hidup yang tidak sehat.

Kepeduliaan usia muda terhadap pola hidup yang sehat seharusnya penting untuk dilakukan sejak dini karna selagi kita sehat, penyakit jantung koroner bahkan penyakit lainnya dapat kita cegah. 

Karya : Sandra Amalia.
Mahasiswa STIKES Jenderal Achmad Yani - Cimahi.
Posting Komentar