KABID dan KASIE Belum Tahu Jatah Beasiswa Lulusan Paket C

PELITAKARAWANG.COM - Keinginan para siswa paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) mendapat beasiswa Rp5 Milyar untuk melanjutkan ke bangku Kuliah dari Pemerintah Daerah (Pemda), nampaknya masih kecut di perjuangkan sejumlah bidang di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang. 

Pasalnya, saat hendak di konfirmasi, baik Kasie Kesetaraan maupun Kabid PNFI dan Dikmas yang membidanginya kompak masih belum hapal kaitan jatah kuota bagi lulusan pendidikan non formal tersebut.

"Wah itu belum hafal, apakah ada atau tidaknya beasiswa bagi siswa paket , tapi kayaknya ada, coba tanya ke Kabid SD atau SMP pak Cecep," Kilah Kasie Kesetaraan Bidang Dikmas Disdikpora Karawang, H Udan Supriyadi.

Menurutnya, soal kuota bagi lulusan paket C seharusnya ada. Silahkan tanya dulu, baru kalau enggak ada, patut dipertanyakan, mengapa hak beasiswa itu tidak ada buat sekolah lulusan paket C dapat bagian dari Rp5 Miliar tersebut.

karena, bukan saja buat pendidikan formal, tetapi juga yang non formal seperti Paket. " Tanya dulu deh, kalau gak ada, baru saya komentar kenapa kok gak ada," Sebutnya.


Senada dikatakan Kabid Dikmas Disdikpora Karawang, Hj Nenah Maryamah, saat disinggung apakah sekolah kesetaraan atau paket dapat bagian dari kuota besaiswa Rp5Milyar, dirinya balik mengaku belum tahu, dan silahkan tanya ke pak Cecep (Kabid SD) karena boleh dikata dia yang pegang program. " Duh gak tahu, sok tanya saja ke Pak Cecep, dia yang pegang program," Katanya.

Pengelola PKBM Nurul Huda Desa Purwajaya Kecamatan Tempuran, mengatakan,  beasiswa Rp5 Milyar harus diperjuangkan oleh kabid, sebab banyak lulusan paket C  yang ingin kuliah tapi tidak ada biaya. Karenanya, kuota beasiswa itu harus bisa disisipkan Pemkab untuk sekolah non formal ini, kalau hitung-hitungan sambungnya, diharapkan kuota yang diminta oleh Forum PKBM Karawang sebesar 20 persen bisa diakomodir supaya semua lembaga PKBM bisa mengajukan warga belajarnya yang lulusan paket C  yang ingin melanjutkan kuliah. " Harus lah di perjuangkan sama Bu Kabid dan pihak terkait, karena kita lembaga non formal juga sama punya hak," Katanya.

Sementara itu, Kabid SD Disdikpora yang disebut-sebut pemegang program Beasiswa Rp5 Milyar di lingkungan Disdikpora, saat disinggung kuota dan kriteria penerima beasiswa Pemkab Karawang untuk pendidikan, sampai berita ini ditulis, Cecep tidak kunjung memberikan balasan. 
Posting Komentar