Dara Bella Mustika 
PELITAKARAWANG.COM-.Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang sangat penting dan harus di jaga oleh para penghuninya, mulai siswa,guru dan warga dilingkungan sekolah sekitar. (02/10/2018).

Kebersihan merupakan sesuatu yang bebas dari kotoran, penyakit dan lain-lain, karena akibat tidak bersih lingkungan dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku orang-orang sekitar di lingkungan sekolah.

Masih banyak siswa-siswi yang membuang sampah sembarangan walaupun sudah di sediakan tempat sampah. Maka sebagai individu harusnya segala aspek yang ada dalam masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan menderita sebab sebuah faktor yang merugikan seperti kesehatan.
Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus di tata dan olah dengan baik dan benar.

Kebersihan itu kembali pada dirinya masing-masing untuk menumbuhkan rasa pentingnya lingkungan bersih misal sanitasi haruslah terjaga.

Adapun beberapa tips untuk menumbuhkan kesadaran : 

• Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
• Merasa malu jika membuang sampah sembarangan.
• Melakukan piket kelas secara teratur.
• Melaksanakan gotong royong rutin. 

Kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan sekolah. Untuk kebersihan lingkungan di sekitar rumah, kita lakukan dengan membersihkan rumah. Alangkah baiknya kita membiasakan diri untuk hidup bersih sejak dini. Jika kita tidak memulai dari sekarang kapan lagi kita akan memulainya?.

Perlu diketahui,untuk pola hidup sehat dan bersih (PHBS) termasuk kebersihan lingkungan,sekolah dan rumah dimasa kekinian,adalah sudah menjadi kebutuhan primer karena bila tak dijalankan (dipenuhi,red) dialam seperti sekarang,bisa berdampak terjadinya satu epidemi penyakit dalam satu lingkungan misal seputar sekolah atau rumah Anda. 

Karya: Dara Bella Mustika 

Mahasiawa STIKES Jenderal Achmad Yani - Cimahi