Kondisinya Retak Parah Jalan Layapan Akibatnya Mengundang Maut

PELITAKARAWANG.COM.- Jalan Layapan sudah mulus dengan coran sejak era H AdeS Swara menjabat Bupati Karawang,namun jalur merah yang menghubungkan Telagasari - Tempuran sepanjang 10 kilometer ini, kondisinya semakin mengancam jiwa para pengendara. Betapa tidak, labilnya tanah sawah dan kali layapan dari Leuweung Seureuh yang mengapit jalanan tersebut, membuat keretakan jalan coran semakin berkeroak panjang di hampir 10 titik, bahkan lebar keretakannya bisa membuat ban sepeda motor masuk terjrbak. Parahnya, kondisi ini masih dibiarkan berlarut selama sebulan terakhir .

" Yang retak banyak, rawan, sering sekali sepeda motor mah nanggung, sudah jalan kecil coran kaya kena gempa begitu," Kata warga Sekitar Kalibuaya, Faisal (28).

Kades Kalibuaya Kecamatan Telagasari, Nana Suryana mengatakan, kondisi jalanan Layapan, khusunya di Desa Kalibuaya, Pasirmukti dan Pasirkamuning sudah parah. Baru-baru ini juga, terjadi kecelakaan akibat sepeda motor ban nya Nyelip masuk ke retakan coran tersebut. Karena, kalau nyalip saja yang tidak tahu Medan, bisa Nyelip akibat retakan yang berkeroak lebar dan dalam. Soal keluhan ini, dirinya serahkan ke Kecamatan, karena pihak Kecamatan yang berwenang meneruskan ajuan jalanan rusak tersebut, karena Layapan adalah jalan penghubung antar kecamatan, bukan desa. 

Kades Pancakarya, Ata Sutisna Jilun mengatakan, jalur Layapan adalah jalur hidup. Namun, bahu jalan yang kecil, selain sering banyak kendaraan yang terperosok ke sungainya, kini kecelakaan model baru bisa dicetak jalanan tersebut, sebab, retaknya coran dengan kerjakan dengan panjang dan lebar cukup mengkhawatirkan, bisa mengancam kecelakaan lalu lintas lebih banyak lagi jika dibiarkan. Apalagi, sebutnya, sepeda motor. Bahkan, beberapa warganya yang hendak ke Karawang, seringkali terjatuh di keroakan tersebut. " Ya walaupun gak menimbulkan korban jiwa, tapi ada beberapa warga yang melintas laporan sempat terjatuh dilokasi tersebut," Katanya. 

Jalanan itu sambungnya, adalah sebagai sarana transpotasi yang sangat vital, maka, harapkan kepada dinas terkait/PUPR untuk segera memperbaikinya  karena dengan keadaan yang seperti sekarang ini retak - retak sangat berbahaya bagi pengendara khususnya motor. " Semoga bisa jadi perhatian Dinas terkait, tolong benahi lagi lah, bahaya itu," Sarannya.

Senada dikatakan Kades Tempuran, Zaenal Romli, Jalanan Layapan sudah sangat riskan dan kritis, bahkan mengancam kendaraan terperosok akibat retakan coran yang panjang. Parahnya, saat dilindas kendaraan berat,  coran tersebut cenderung semakin rapuh dan terangkat keatas dengan getaran. Padahal, jalan ini sudah diajukan dalam Musrenbang 2017 untuk pelebaran, sehingga realisasinya diharapkan bisa ditahun ini, baik untuk pelebarannya maupun pembenahan keretakan saat ini. Harusnya, jalanan ini jadi skala prioritas, karena kondisinya sudah sangat buruk, sebab, jalan bagus saja akibat sempit, banyak kendaraan yang mendadak nyungsep ke kali layapan, begitupun dengan tambahan retak seperti sekarang di beberapa titik,  semoga bisa diantisipasi oleh Pemkab dengan segera. " motor mah riskan pisan kecelakaan, karena  ban bisa nyelap, " Katanya.

Posting Komentar