Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan,Ini Faktanya

PELITAKARAWANG.COM -.Fakta yang menunjukan bahwa sebagian besar dari kita selalu saja melupakan sarapan pagi, bahkan menyepelekan pentingnya makan dipagi hari. Seringkali kita merasa tidak mempunyai cukup waktu untuk sarapan pagi, apalagi dikalangan remaja biasanya berfikir bahwa kebiasaan makan pagi hanya akan membuat badan menjadi gemuk terutama pada remaja perempuan.(03/10/2018).

FOTO; ILUSTRASI SARAPAN PAGI
Padahal anggapan tersebut tidak benar adanya, bahkan riset para penelitian harvard university menunjukan orang yang teratur sarapan pagi kecenderunganya hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melupakan sarapan pagi.

Sarapan memang sangat penting bagi setiap orang dan di semua kalangan.Apalagi,untuk seseorang yang masih duduk dijenjang pendidikan. Karena membiasakan sarapan pagi dapat meningkatkan kemampuan otak,riset para ahli dari universitas swansea wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang temannya yang melewatkan sarapan.Ketika kita bangun pagi,sebagian besar energi dalam bentuk glikagen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya.
Silvi Leviana


Menurut para ahli, glukosa adalah satu satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup anda akan merasa lelah dan berkunang-kunang. Setelah kita tidur semalaman, kita harus mendapatkan setidaknya 20% dari energi harian kita, juga jumlah nutrisi yang tepat dan sesuai dipagi hari.

Mudah sebenarnya bagi kita untuk menyiapkan sarapan,terlebih lagi di zaman sekarang ini banyak sekali produk-produk lokal yang memang mengeluarkan produk makanan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi kita di pagi hari. Dan itu semua semakin memudahkan kita untuk mulai membiasakan sarapan pagi. 

Asalkan kalian ketahui, efek dari sarapan pagi untuk kita khususnya generasi bangsa itu sangat besar, selain dari yang telah di jelaskan sebelumnya .Dimana ketika seseorang yang telah terbiasa meyantap sarapan pagi cenderung memiliki pola makan yang lebih baik. Lebih memiliki konsentrasi yang cukup baik dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa sarapan pagi.Karena ketika kita melakukan aktifias dan berfikir secara terus menerus namun perut kita dalalam keadaan kosong, itu akan membuat kita merasa pusing dan mengganggu konsentrasi tentunya.

Dan ketika perut kita kosong,tidak sedikit dari kita mengalami peningkatan asam lambung atau penyakit magh.

Karya : Silvi Leviana.
Mahasiswa STIKES Achmad Yani- Cimahi
Posting Komentar