PELITAKARAWANG.COM-.Pencarian badan pesawat Lion Air JT610 di Perairan Kawarang, Jawa Barat, belum signifikan. Tim hanya menemukan puing pesawat, beberapa KTP, paspor, KTA, kartu BPJS, maupun buku tabungan.  

lokasi Pesisir Jatuh Peswat di Pakisjaya

'Belum mendapatkan main body, hanya yang ada di permukaan,' kata Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Budi Wiryanto dalam konferensi pers, Senin, 29 Oktober 2018.

Basarnas juga belum mendapatkan black box pesawat. Namun, alat Basarnas sudah memonitor lokasi diduga tempat pesawat tenggelam.

Budi menjelaskan Basarnas menerjunkan 150 personel dalam operasi pencarian. Mereka dibantu 150 personel gabungan TNI-Polri. Sebanyak 30 penyelam Basarnas dibantu Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL sudah disiapkan. Basarnas juga sudah membentuk posko di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Evakuasi akan dilaksanakan 7 hari ke depan. Penambahan waktu dilakukan sesuai kondisi di lapangan.

Pesawat Boeing 737 Max-8 itu mengangkut total 189 orang. Sebanyak 178 penumpang dewasa, satu anak-anak, dan dua bayi. Selebihnya merupakan awak pesawat, terdiri dari 2 pilot dan 6 flight attendant (FA).

Basarnas menemukan berbagai benda dari pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang itu di permukaan air. Lokasi sekitar 2 atau 3 mil dari koordinat yang diberikan air traffic control (ATC).

'Sampai lokasi menemukan ada puing-puing pesawat, pelampung, dan handphone,' kata  Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi, Senin, 29 Oktober 2018.

Kapal dan helikopter Basarnas sudah berada di lokasi. Tim masih berusaha menyelam untuk menemukan pesawat. Kedalaman laut diketahui 30-35 meter.

'Kalau dari permukaan sudah firm (lokasi pesawat), karena sudah melihat (berbagai benda diduga kuat dari pesawat),' ucap dia.