Rapat Akbar Ratusan Pedagang Pasar Cilamaya Karawang,Ini Hasilnya

PELITAKARAWANG.COM.-Lebih dari 250 pedagang pasar Cilamaya gelar rapat Akbar bersama pemrakarsa Revitalisasi Pasar Cilamaya,PT Barokah Putra Delapan di Aula Kantor Kecamatan Cilamaya Wetan Selasa 2/10/2018, Selain menyimak pemetaan denah dan gambaran pembangunan pasar semi modern diatas lahan seluas 13.750 meter, para pedagang pemilik kios dibawah kendali Ikatan Pedagang Pasar Cilamaya (IPPC) tersebut, juga dialog negosiasi soal harga kios paska pembangunan pasar dengan sistem BOT tersebut.

Perwakilan pemrakarsa dari PT Barokah Putra Delapan, Rahmat Winardi mengatakan, rapat akbar ini digelar sebagai jawaban bagi masyarakat pedagang yang ingin lebih dalam mengetahui soal tahapan revitalisasi pasar Cilamaya. Rencananya,kalau tidak ada alang melintang, proses relokasi ratusan para pedagang sudah akan dilakukan sekitar pertengahan bulan ini ditempat yang yang sudah disediakannya, karena diakhir Oktober atau awal November, proses pembongkaran pasar akan mulai start. 

Bersama konsultan, pedagang diberikan penjelasan kaitan denah, lokasi blok kios, luas kios, bentuk bangunan, lahan parkir hingga spek infrastruktur pasar semi modern ini. Disamping membahas soal harga kios dan diskusi tawar menawar harga kios yang jumlahnya 684 kios. " Kita ingin tuntaskan lebih jauh bersama para pedagang, jalin kesepakatan, mulai luas kios sampai dengan harga kios dan bentuk kontruksi bangunan dua lantai semi modern ini," Katanya.

Soal luas kios, sebut Rahmat, ada dilantai dasar dengan luas kios terkecil 2.75x2.75 meter,  terbesar 3x4 meter dan Los 2x2 meter, Dimana ring 1 awalnya ditawarkan harga Rp 23 juta tertinggi, kemudian Ring 2 Rp22 juta dan Ring 3 Rp21 juta permeternya, setelah mempertimbangkan perbandingan dengan pasar semi modern lainnya di Karawang, sepertk Cikampek dan Johar. 

Namun hasil diskusi dan negosiasi tawar menawar antara pedagang dengan pihaknya, hasil disepakati bersama bahwa Ring 1 jadi Rp 16,5 juta, Ring 2 Rp15,5 juta dan Ring 3 Rp 14,5 juta permeternya, dan itu dibubuhkan lewat berita acara dan kesepakatan bersama setelah menempuh tawar menawar yang cukup alot. Tinggal, sambungnya, menggelar rapat lanjutan untuk membahas uang muka dan juga sistem pembayarannya dan proses tahapan relokasi. "Awal kita tawarkan Rp 23 juta permeter, tapi hasil kesepakatan sudah clear Ring 1 diangka Rp 16,5 juta, menurut saya angka ini relatif ," Katanya.
Posting Komentar