Satu Desa di Kecamatan Lemahabang Mendapatkan Penghargaan Sadar Hukum

PELITAKARAWANG.COM.- Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, menjadi satu-satunya desa di Karawang yang mendapati penghargaan sebagai desa sadar hukum Provinsi Jawa Barat. Di nilai dan di survey dibulan-bulan sebelumnya, desa perbatasan dengan Kecamatan Tirtamulya ini, akhirnya menjadi kandidat penerima penghargaan berupa medali " Anubhawa Sasana Desa " bersama 22 desa lainnya di Jawa Barat.

Saepudin, Kades Pasirtanjung mengatakan, tim dari provinsi sudah mensurvey dan melihat langsung keadaan desanya, mulai kondisi sosial dan hukum. Penilaian tersebut dilangsungkan di sekitar bulan Agustus - September, hasilnya di umumkan tiga hari terakhir. Alhamdulillah, sebut Saepudin, Pasirtanjung terpilih dari ribuan desa di Jawa Barat, menjadi nominator penerima penghargaan desa sadar hukum bersama 22 desa lainnya dari berbagai Kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat, itu dituangkan dalam surat berita acara sejak 11 Oktober lalu dengan nomor 002.7/197/HukHam.

Kamis siang, dirinya didampingi Camat dan Asda 1 sudah di Hotel sejak Rabu pagi untuk menerima penghargaan tersebut. " Kalau dari urutan sih kita ke Enam dari 22 desa se Jawa Barat," Katanya.

Sapeudin atau yang akrab disapa Lurah Betong ini menambahkan, penghargaan dengan memilih desanya bukan berarti melalui proses instan, sebab memang masyarakat dan pemerintah Desa Pasirtanjung diarahkan untuk bisa sadar hukum sekecil apapun, seperti ada tragedi kecelakaan, perampokan hingga urusan hukum dan kriminal lainnya, itu diarahkan agar peka pada hukum, agar tidak tersandung masalah hukum. Minimalnya, sebut Betong, adalah bagaimana masyarakat desanya melek dan tahu alur kepada siapa harus melapor dan siaga. " Ya intinya sekecil apapun masyarakat harus melek hukum, karena itu menjadi konsekwensi kita dalam bernegara, yang salah kita luruskan dan bisa sigap melapor," Katanya.

Camat Lemahabang, H Hamdani S.Ip MM mengatakan, dirinya ikut mendampingi Kades Pasirtanjung dalam mendapati penghargaan Anubhawa Sasana Desa, sebagai bentuk penghormatan kepada Desa Pasirtanjung. Karena, desa ini dipilih dan dianggap layak menjadi satu dari ribuan desa se Jawa Barat yang menerima penghargaan ini. Semoga, dengan penerimaan ini, bisa jadi contoh bagi desa lainnya agar sama-sama menjadikan masyarakat bisa sadar dan melek hukum." Semoga ini jadi inspirasi bagi desa lainnya," Katanya

Posting Komentar