PELITAKARAWANG.COM-.Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiap menghadapi musim hujan. Musim hujan diprediksi dimulai pada November dan Desember 2018.

Kepala Bagian Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan, bulan Oktober menjadi masa transisi. Di periode ini, hujan mulai turun meski intensitasnya kecil.

Hujan
"Kita harus tahu periodenya, sekarang masa transisi, hujannya sedikit dan singkat. Di sinilah waktunya Pemprov DKI memulai langkah preventif," kata Hary, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Setelah masa transisi berlalu, masuk musim hujan. Di periode ini, hujan turun dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir.

Pemprov DKI Jakarta diminta memperbaiki dan membersihkan saluran air. Tak hanya itu, BMKG menyarankan Pemprov DKI mengecek seluruh pohon-pohon di Ibu Kota.

"Pemprov DKI harus mengecek bangunan kontruksi dan papan reklame. Karena di periode itu petir lebih banyak dan angin lebih kencang," katanya.

Hary mengaku sudah menginformasikan kondisi tersebut pada Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan untuk upaya pencegahan banjir, ia menyerahkan sepenuhnya pada masing-masing daerah.