Siswanya Dapat Beasiswa, Guru SMK PGRI Telagasari Diundang Kampus Taiwan

PELITAKARAWANG.COM - SMK PGRI Talagasari nampaknya semakin disorot kalangan akademisi kampus Negeri dan Swasta di Taiwan. Pasalnya, Sumberdaya Manusia (SDM) para lulusannya yang cakap, membuat puluhan siswa yang mengenyam pendidikan di SMK ini, selalu mendapat peluang lebar mendapati beasiswa di Negara perbatasan Tiongkok tersebut. 

Setelah rombongan para akademisi kampus Negeri dari National Quemoy University Taiwan blusukan langsung tawarkan program perkuliahan di SMK PGRI Telagasari, giliran beberapa guru SMK Telagasari bertolak memenuhi Undangan ke Kampus lainnya di Taiwan, yaitu Shoufu University Taiwan.

" Kami datang kesana di Undang, dan kerjasama beasiswa bagi para lulusan SMK PGRI ini bisa berkuliah di kampus yang luasnya ratusan hektar  di Taiwan," Kata Yan Yan Sopyan ST, Guru SMK PGRI Telagasari.

Yan Yan mengaku, dirinya diundang mewakili Kepala SMK untuk tandatangani MOU bersama Kampus Shoufu University Taiwan di kampusnya langsung. Jujur ia kagum, setelah mengirim belasan siswanya ke kampus ini, ternyata komplek dan lingkungannya memang begitu nyaman, bahkan butuh waktu ber jam-jam mengelilingi kampus yang sangat luas ini. Pihaknya datang dan disambut oleh beberapa siswanya yang sudah sampai lebih dulu di kampus ini, bahkan, ia melihat bangunan kampus saat waktu solat, seperti berada di lingkungan pesantren, karena kampus dan mess siswa tidak jauh, dan saat berhamburan keluar, semua mengenakan baju muslim-muslimah untuk ke sebuah tempat ibadah yang disediakan oleh kampus.

" Sebelum MOU, kita lihat-lihat suasana perkuliahan, dan bangunan kampus Shoufu ini, jelas kami kagum dan bangga anak didik kami bisa diberi kesempatan kuliah di kampus ini," Katanya.

Lebih jauh Yan Yan menambahkan, jika di kampus swasta, syarat bisa kuliah di Taiwan minimal bisa 400 toefl Bahasa Inggris, sementara kampus negeri 450 toefle. Mengantisipasi ini, pihak sekolah tentu memiliki jadwal sendiri untuk mengkarantina siswa tersebut berbulan-bulan jelang dibukanya seleksi. Wal hasil, keseriusan siswa yang lulus dan kuliah, bisa ada yang lolos setengahnya, bahkan peluang ini sama kesempatannya, karena ada anak petani dan tukang becak, juga ikuti program ini dan lolos. " ini sudah komitmen pihak sekolah, semoga tawaran dan program terus berjalan dengan baik, karena kita selalu optimis akan SDM anak peserta didik kita," Katanya.

Daftar siswa SMK PGRI Telagasari yang berkuliah di Taiwan tahun 2018 :

- Chianan University Taiwan 
  ( 13 orang siswa)
- Far East University Taiwan 
  ( 16 orang siswa) 
- Shofu University Taiwan 
  (16 orang siswa) 
- National Quemoy University Taiwan
  (Rencana 14 Siswa)
Posting Komentar