Test Keterampilan Ditiadakan Dalam Seleksi SBMPTN 2019

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN) meniadakan tes keterampilan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. 

Foto Ilustrasi
Pendaftar diminta menyiapkan portofolio, terkait prestasi maupun penghargaan yang pernah diraih dan sesuai dengan bidang yang akan dilamar.

Penghapusan tes keterampilan merupakan bagian dari kebijakan baru yang diterapkan pada seleksi masuk PTN 2019.  "Ada kebijakan baru yang berbeda. Tahun ini kami tidak menyelenggarakan ujian keterampilan," kata Ketua LTMPTN, Ravik Karsidi di Jakarta, Senin, 22 Oktober 2018.

Tes keterampilan akan diganti dengan sistem portofolio.  Untuk itu, Ravik mengimbau pendaftar untuk menyiapkan segala dokumen, baik berupa piagam, sertifikat dan sebagainya, sesuai dengan prodi yang akan dipilih saat pendaftaran nanti.

"Yang dulu terdiri dari tes seni dan olahraga. Diganti sistem portofolio, sama seperti pada SNMPTN, nanti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) juga," ujar Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini. 

Untuk menguji bakat, kemampuan dan/atau keterampilan pendaftar dalam bidang seni dan keolahragaan tidak dapat diukur hanya dengan hasil Ujian Tertulis dan/atau rekaman nilai rapor.  Pada SBMPTN 2018, minat, bakat, dan potensi kemampuan tersebut ditentukan melalui kombinasi ujian tertulis dengan ujian keterampilan bidang studi terkait.   

Tes Keterampilan adalah ujian tambahan bagi peserta pendaftar bidang studi Seni dan/atau Keolahragaan. Biasanya, pelaksanaan tes keterampilan dilakukan setelah Ujian Tertulis SBMPTN.

Aturan ini berlaku bagi pendaftar yang memilih PTN dengan prodi sebagai berikut:

Bidang Seni
Sub bidang Seni Rupa: 
- Seni Rupa
- Pendidikan Seni Rupa
- Seni Rupa/Seni Murni
- Kria/Kria Seni (Kria Kulit, Kria Logam, Kria Kain/Tekstil, Kria Kayu, Kria Keramik, dan Kria Perhiasan).
Sub-bidang Desain:
- Desain Produk
- Desain Komunikasi Visual
- Desain Grafis
- Desain Interior

Sub-bidang Film dan Televisi, Multimedia, serta Animasi:
- Seni Drama
- Tari
- Musik (Sendratasik) meliputi Pendidikan Sendratasik,Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Seni Tari, Etnomusikologi, Seni Musik/Musik, Seni Tari/Tari, serta Drama/Teater. Termasuk Seni Karawitan dan Seni Pertunjukan.

Bidang Keolahragaan
- Ilmu Keolahragaan (IKOR)
- Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)
- Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK)
- Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pendidikan Jasmani S-1
- Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)
- Daftar Perguruan Tinggi dan Program Studi penyelenggara pendidikan bidang Ilmu Seni dan --- Keolahragaan yang melaksanakan seleksi SBMPTN 2017 dapat dilihat secara lengkap di Laman http://www.sbmptn.ac.id.
Posting Komentar