Topeng Baskom dan Pendul Masih Jadi Idola Warga Karawang

PELITAKARAWANG.COM-,Seni Sunda Topeng Banjet Sekar Muda Baskom Grup adalah satu dari sekian seni Sunda tradisional topeng (banyolan),di Kabupaten Karawang yang masih tetap eksis sampai saat ini.(07/10/2018).

Sekar Muda Baskom Grup dibawah pimpinan Hj Itoh dan Apih Kanta beralamatkan Kampung Karang Jati,Desa Karang Jaya Kecamatan Pedes,Karawang.

Sejatinya masih banyak seni Sunda tradional di Tanah Karawang,bukan saja Topeng Baskom Grup yang masih laris manggung di acara hajatan warga Kabupaten setempat.Karena ada lagi semisal Topeng Pendul yang beralamatkan di Desa Lemahduhur,Kecamatan Tempuran.

Dulu dijaman 80-an ada dua nama besar pimpinan topeng di Tanah Air Karawang yakni Bah Pendul dan Ki Ali Saban.

Bahkan kala itu,ada seorang pelawak beken yang gabung topeng Ali Saban yakni Ma Ijem,ia adalah seorang pelawak perempuan yang juga adik pribadinya Ali Saban.

Ijem dikenal dengan suaranya lantang dan ucapan-ucapan yang konyol juga cerdas saat melawak atau pentas yang membuat hadirin (penonton,red) terpingkal-pingkal.

Kabar Topeng Pendul dan Baskom Grup akan mentasnya pada salah satu titik hajatan warga Karawang,masih tetap menjadi buruan penonton karena kelakar-kelakar para pemainnya yang menghibur dan masih alami dalam banyolanya.
Posting Komentar