Untuk Test Seleksi CPNS Sebanyak 100 Soal

PELITAKARAWANG.COM. - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai besok, 26 Oktober 2018. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan pelaksanaan tes tersebut akan seperti tes pada umumnya yang menggunakan komputer.

Hanya saja, tes tersebut berdurasi 90 menit dengan jumlah 100 soal. Maka dari itu, Ridwan menyarankan peserta mengisi jawaban dengan cepat dan tepat.

"Ya biasa saja kayak tes TOEFL, klik-klik komputer. Tapi waktu nanti 90 menit saja waktunya itu 100 soal, jadi kerjain yang mudah dulu," kata dia.

Lebih lanjut, Ridwan juga menjelaskan agar peserta melewatkan pertanyaan yang sulit bila dalam waktu 10 detik tidak menemukan jawabannya.

"Kalau 10 detik nggak bisa (jawab) ganti saja. Skip. Kerjain yang gampang," papar dia.

Adapun kisi-kisi pelaksanaan tes tersebut untuk SKD akan membahas kemampuan pelamar dalam beradaptasi, bekerja secara tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax, SARA, dan yang lainnya.

Selanjutnya, Tes Intelegensia Umum diujikan untuk mengukur seberapa cakap CPNS dalam logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Kemudian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam SKD akan berisi tentang pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, nasionalisme hingga bahasa Indonesia.

Posting Komentar