Wartawan Karawang Jalani UKW Selama Dua Hari

PELITAKARAWANG.COM,- Dalam rangka mewujudkan wartawan yang profesional dalam mendukung pembangunan daerah sesuai UU No. 40/1999 tentang Pers.Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Karawang, bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten setempat menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

Pelaksanaan UKW, tidak hanya memberikan manfaat kepada internal pers namun juga seluruh masyarakat. Hal itu terkait beberapa tujuan UKW, yakni meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

Acara UKW 2018 diselenggarakan selama dua hari (26-27 Oktober) tersebut diikuti oleh 54 peserta, dilaksanakan di Hotel Swissbell In Karawang, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana. 

Bupati Karawang dalam sambutannya mengatakan, wartawan adalah wadah informasi dan informasi bagi masyarakat baik cetak maupun elektronik, sehingga masyarakat bisa menerima dengan akal sehat.

“Adanya kegiatan ini sangat menguntungkan untuk rakyat, dan saya sebagai salah satu narasumber tentu senang. Karena pasti saat publik mengharapkan seluruh profesi mempunyai kompetensi yang tinggi. Maka hari ini wartawan punya andil besar untuk membangun jurnalisme yang profesional,” terangnya.

Bupatu menegaskan peran media dalam menangkal hoax sangat penting. Media mainstream masih menjadi sumber terpercaya oleh masyarakat dalam kebingungan sumber berita.

Pemerintah sangat membutuhkan dengan peran-peran wartawan yang kian profesional. Mereka harus senantiasa menjadi telinga untuk informasi kepada masyarakat dalam menyampaikan pembangunan.

"Karena media ini dibaca dan dilihat oleh jutaan orang. Kita butuh informasi yang sangat terpercaya bagi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Karawang H. Yasin Nasrudin, sebutkan pemerintah sangat mendukung dengan kegiatan ini. Karena pers merupakan dari bagian pembangunan. Tentunya UKW ini akan menciptakan wartawan-wartawan yang propesional dan handal.

Sementara itu Ketua PWI Karawang, Olan Sibarani menyatakan UKW merupakan bagian terpenting untuk menciptakan wartawan-wartawan yang profesional. Dengan UKW citra wartawan sebagai profesi yang profesional akan terus membaik.

"Wartawan yang kompeten tentunya tidak mungkin menulis yang merugikan bahkan memecah belah bangsa dan negara. Wartawan harus netral memberikan yang baik dalam melakukan pembangunan masyarakat yang cerdas," katanya

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penandatanganan oleh Bupati dan ketua pimpinan Forkopimda serta insan Pers Karawang tentang mewujudkan Pemilu 2019 aman, tertib dan damai tanpa Hoax dengan mengedepankan kepentingan dan kesatuan NKRI.

Posting Komentar