Waspadai Dampak Sampah dan Limbah Bagi Kesehatan Lingkungan

PELITAKARAWANG.COM-,Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga,yang lebih dikenal sebagai sampah),atau bisa dihasilkan dari alam.Yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki ekosistem.Adanya limbah atau sampah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan,(02/10/2018).

Sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah dan sampah,karena dampaknya bagi kesehatan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan menjadi tempat pembiakan lalat dan dapat mendorong penularan infeksi seperti penyakit kolera,tifus dan lainnya.

Virus atau bakteri yang menjadi sumber penyakit akibat sampah dan limbah dapat menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur dengan air minum.
Banyaknya tumpukan sampah bisa berdampak penyakit demam berdarah meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai,penyakit jamur dapat juga menyebar (misalnya jamur kulit), penyakit -penyakit itu dapat menyebar melalui rantai makanan.Salah satunya adalah penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia) cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernaan binatang ternak melalui makanan yang berupa sisa makanan/sampah. 
Dampak limbah bagi lingkungan bisa melalui sampah misalnya ditinjau dari segi kesehatan sebagai tempat bersarang dan menyebarnya bibit penyakit,sedangkan ditinjau dari segi keindahan, tentu saja menurutnya estetika (tidak sedap dipandang mata) cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air.

Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap,hal ini merupakan berubahnya ekosistem perairan biologis.

Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas cair organik seperti metana.Selain berbau kurang sedap,gas ini dalam konsentrasi tinggi dapat meledak.Tak hanya itu saja karena limbah juga dapat menyebabkan banjir karena penumpukan sampah disungai yang membuat air sungai tidak dapat mengalir dan dari situlah bibit-bibit penyakit muncul yang akan menyebar ke lingkungan sekitar . 

Fitri Febriyanti
Pentingnya kita mengetahui bahaya limbah bagi kesehatan lingkungan,maka kita perlu melakukan penanganan limbah yang dilakukan dengan cara kegiatan pemilahan atau pemisahan sampah organic dan anorganik dengan menyediakan tempat sampah organik dan anorganik disetiap lingkungan.

Kegiatan pemanfaatan sampah organik seperti composting (pengomposan).Seperti sampah yang mudah membusuk dapat diubah menjadi pupuk dan untuk pemanfaatan sampah anorganik bisa dibuat kerajinan atau di daur ulang. 

Karya :Fitri Febriyanti 
Mahasiswa STIKES Jenderal A. Yani-Cimahi.
Posting Komentar