Wow...Kaum Ibu Rame-rame Kumpul,Ini Penyebabnya

PELITAKARAWANG.COM.- Puluhan ibu-ibu kelompok Simpan Pinjam Perguliran (SPP) UPK Singaperbangsa Kecamatan Cilamaya Kulon, dilatih beternak ayam petelur Jumat 26/10.

Dengan mendatangkan pemateri dari Semarang Provinsi Jawa Tengah, ibu-ibu yang terdiri dari 30 kelompok di 11 desa ini, serius ikuti pelatihan cara pengembang biakan ayam petelur dan produktivitasnya.

Nurhadi Saputra mengatakan, seperti dijanjikan sebelumnya, UPK Singaperbangsa konsen sekali dalam mengelola dana surplus dari hasil perguliran uang. Selain diperuntukan bagi siswa yatim untuk mendapatkan beasiswa, juga alokasinya bisa digelontorkan untuk pengembangan usaha produktif bagi kelompok sebagai sumber lain penghasilan. Diantaranya yaitu ayam petelur ini, dimana semua kelompok diberikan modal utama berupa ayam petelur yang masih itik untuk digemukan sampai bisa bertelur. Bahkan, tata cara agar ayam tersebut hasilkan produksi telur yang baik dan banyak, juga dilatih mulai pakannya, obat hingga penyesuaian iklim selama pemeliharaan. " Ya ibu-ibu dilatih ternak dengan optimal, tujuannya ya supaya mereka bisa pengembangan usaha ekonomi ," Katanya.

Nurhadi menambahkan, ternak ayam petelur merupakan progres yang baik, karena marketnya sudah jelas. Apalagi usahanya tidak harus satu kandang dengan jumlah ratusan, tapi di rumah masing-masing kelompok, dimana satu kelompoknya dijatah 10 ekor itik untuk pelihara sampai bertelur. Selebihnya, selain bisa untuk asupan gizi keluarganya, juga bisa menambah penghasilan ekonomi bagi keluarga tersebut lewat penjualannya. Ia berharap, semua materi dari Semarang ini bisa diserap dan aplikasikan di rumah masing-masing, sehingga kedepan prospek dan progres bisa di tindaklanjuti dengan baik." Semoga materinya bisa cepat di serap dan di aplikasikan," Katanya.

H Warman, Dewan pembina UPK Karawang memgatakan, pihaknya mengapresiasi acara yang diselenggarakan upk-dapm Singaperbangsa Cilamaya Kulon yang bertekad dalam pengembangan usaha ternak ayam petelur, apalagi dirinya 

belum pernah melihat dari pelosok manapun ada UPK yang menyelenggarakan pelatihan budidaya ayam negeri petelur semacam ini, karena pelatihan semacam ini, ia yakini usaha ini sangat prospektif dan potensial dengan besarnya kebutuhan telur di masyarakat, tujuannya agar ibu-ibu kelompok SPP bisa berkreatifitas dan punya penghasilan sampingan untuk meningkatkan ekonomi di desa. " Saya belum pernah lihat di pelosok, ada UPK yang Sudi memberikan pelatihan semacam ini, padahal memang ini progres sekali dalam pengembangan usaha ekonomi, " Katanya.

Posting Komentar